PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUT TAQWA SIDOREJO PONGGOK BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

SILVIA NURJANNAH, 17205153151 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUT TAQWA SIDOREJO PONGGOK BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (590kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (230kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa Sidorejo Ponggok Blitar Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Silvia Nurjannah, NIM. 17205153151, dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I, NIP. 19691206 199903 1 003 Kata Kunci : Teknologi Informasi, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Aqidah Akhlak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena pesatnya perkembangan teknologi informasi di bidang pendidikan. Banyak dampak yang ditimbulkan dengan adanya perkembangan teknologi informasi bagi anak selaku peserta didik. Serta kurangnya perhatian orang tua untuk membimbing dan mengawasi anak dalam penggunaan teknologi informasi dan kegiatan belajarnya. Oleh karena itu sangat diperlukan perhatian orang tua untuk mendampingi anak dalam menggunakan teknologi informasi dan belajarnya agar perilaku serta hasil belajar aqidah akhlak anak dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa Sidorejo Ponggok Blitar tahun ajaran 2018/2019?, 2) apakah ada pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa Sidorejo Ponggok Blitar tahun ajaran 2018/2019?, 3) apakah ada pengaruh secara bersama-sama penggunaan teknologi informasi dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa Sidorejo Ponggok Blitar tahun ajaran 2018/2019? Metode penelitian ini menggunakan; pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MI Darut Taqwa Sidorejo Ponggok Blitar. Sampel dalam penelitian ini adalah 31 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji ANOVA, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan linieritas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan teknologi informasi terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa Sidorejo Ponggok Blitar. Hal ini dapat dilihat pada nilai t hitung = 2,389 > t tabel = 2,048 yaitu pada taraf signifikan 0.05 dan nilai sig. 0.024 < 0.05. 2) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darut Taqwa Sidorejo Ponggok Blitar. Hal ini dapat dilihat pada nilai t hitung = 2,569 > t tabel = 2,048 yaitu pada taraf signifikan 0.05 dan nilai sig. 0.016 < 0.05. 3) Ada pengaruh bersama-sama yang signifikan antara penggunaan teknologi informasi dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darut TaqwaSidorejo Ponggok Blitar. Hal ini dapat dilihat pada F hitung = 5,878 > F tabel 3,34 yaitu pada taraf signifikan 0.05 dan nilai sig.0.007 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153151 SILVIA NURJANNAH
Date Deposited: 18 Jun 2019 03:58
Last Modified: 18 Jun 2019 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11578

Actions (login required)

View Item View Item