EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO BLITAR

RAHMA TRIMUKTI MAHANANI, 17205153043 (2019) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (147kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan jupul “Efektifitas Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar” ini ditulis oleh Rahma Trimukti Mahanani, Nim. 17205153043, Pembimbing Dr. Nurul Chojimah, M.Pd. Kata Kunci: Talking Stick, Pembelajaran IPA, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya pembelajaran IPA yang masih menerapkan pembelajaran secara konvensional. Dengan pembelajaran konvensional, membuat peserta didik kurang aktif dan menjadikan hasil belajar peserta didik rendah. Untuk mengatasi permasalahan ini, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam kegiatan belajar mengajar. Penerapan model pembelajaran kooperatif Talking Stick ini diharapkan mampu membuat peserta didik lebih memahami materi sehingga efektifitas hasil belajar meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan model pembelajaran Talking stick pada mata pelajaran IPA kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental. Teknik sampling dengan purposive sampling dan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni IV-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 19 peserta didik dan kelas IV-B sebagai kelas control dengan jumlah 24 peserta didik. Pengambilan data digunakan dengan menggunakan metode pre-test dan post-test untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji Mann-Whitney. Dari hasil perhitungan uji Mann-Whitney dapat diketahui besarnya pengaruh dalam menggunakan model pembelajaran Talking Stick. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: adanya perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar IPA kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh nilaiAsymp.Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Dari penelitian ini model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Saran untuk Bapak / Ibu guru dapat menggunakan model pembelajaran Talking Stick sebagai alternatif apabila hasil belajar siswa masih rendah, karena dengan menggunakan Talking Stick dapat membantu semangat siswa untuk lebih giat belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153043 RAHMA TRIMUKTI MAHANANI
Date Deposited: 18 Jun 2019 06:46
Last Modified: 18 Jun 2019 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11590

Actions (login required)

View Item View Item