APRILLIYANI NUR ALFIAH, 17205153073 (2019) PENGARUH PEMBERIAN REWARD (HADIAH) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3A DI SDI AL-MUNAWWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (417kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (498kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (533kB) |
||
|
Text
BAB IV .pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (287kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Reward (Hadiah) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3A di SDI Al-Munawwar Tulungagung”. Ditulis oleh Aprilliyani Nur Alfiah, NIM 17205153073, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Dr. Nurul Chojimah, M.Pd. Kata Kunci : Pemberian Reward (Hadiah), Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang salah satu faktornya adalah guru jarang sekali menciptakan pembelajaran yang menarik. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan pemberian reward. Secara teori pemberian reward adalah alat pendidikan yang mudah dilaksanakan dan sangat menyenangkan bagi para siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh yang signifikan antara pemberian reward (hadiah) terhadap hasil belajar siswa kelas 3A di SDI Al-Munawwar Tulungagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pemberian reward (hadiah) terhadap hasil belajar siswa kelas 3A di SDI Al-Munawwar Tulungagung. Manfaat dari penelitian ini dapat memberikan tambahan informasi mengenai pengaruh pemberian reward (hadiah) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian pre-eksperimental design dengan model desain yang digunakan adalah One-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 3 SDI Al-Munawwar Tulungagung yang berjumlah 43 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive sampling, dengan kelas 3A sebagai sampel. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode tes. Instrumen penelitian tes yang berupa pre test dan post test untuk mengukur hasil belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Sebelum instrumen soal digunakan untuk memperoleh data yang obyektif, maka terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Uji Wilcoxon termasuk salah satu uji nonparametrik yang digunakan untuk menguji dua sampel yang berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan pemberian reward terhadap hasil belajar siswa kelas III di SDI Al-Munawwar Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 72,86 dan nilai rata-rata post-test sebesar 77,14 dengan signifikan 0,004 < 0,05. Dari penelitian ini pemberian reward (hadiah) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Saran untuk Bapak/Ibu guru dapat menggunakan pemberian reward (hadiah) sebagai alternatif apabila hasil belajar siswa masih rendah, karena dengan menggunakan pemberian reward (hadiah) xi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153073 APRILLIYANI NUR ALFIAH |
Date Deposited: | 18 Jun 2019 06:46 |
Last Modified: | 18 Jun 2019 06:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11591 |
Actions (login required)
View Item |