PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DAN V DI MI PLUS AL ISTIGOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG

TRIAJENG PUNDILARAS, 17205153144 (2019) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DAN V DI MI PLUS AL ISTIGOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (373kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (425kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (950kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (131kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dan V di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung” yang ditulis oleh Triajeng Pundilaras serta dibimbing oleh Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata kunci : Perhatian Orang Tua, Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar Banyak dari orang tua di zaman modern ini hanya mengandalkan pendidikan formal saja tanpa adannya keseimbangan pendidikan dari orang tua padahal orang tua yang pertama kali dibutuhkan dan dipercaya oleh seorang anak dalam proses pendidikan. Setiap orang tua tentu berkeinginan anaknya dapat mencapai prestasi belajar yang baik dan memuaskan di sekolah. Agar dapat terwujudkan maka orang tua harus bersedia memberikan dorongan kepada anak untuk dapat belajar di rumah dengan selalu mendisiplinkan anak dalam belajar. Dengan mendapatkan perhatian dari orang tua serta anak telah terbiasa bersikap disiplin dalam belajar, maka anak akan lebih terarah dalam belajarnya sehingga prestasi belajar yang dicapai anakpun akan lebih baik. Dalam hal ini penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar siswa kelas IV dan V di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung (2) Mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung (3) Mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V di MI Plus AlIstighotsah Panggungrejo Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Plus AlIstighotsah Panggungrejo Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan teknis analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V di MI Plus AlIstighotsah Panggungrejo Tulungagung ditunjukkan dengan nilai thitung = 3,063 > ttabel = 1,68 dan nilai sig 0,004 < 0,05 (2) Ada pengaruh yang signifikan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V di MI Plus AlIstighotsah Panggungrejo Tulungagung ditunjukkan dengan nilai thitung = 2,697 > ttabel = 1,68 dan nilai sig 0,011 < 0,05. (3) Ada pengaruh yang signifikan perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (8,256 > 3,27) dan nilai sig 0,001 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153144 TRIAJENG PUNDILARAS
Date Deposited: 20 Jun 2019 03:00
Last Modified: 20 Jun 2019 03:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11593

Actions (login required)

View Item View Item