PENGARUH PEMBELAJARAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS AL-ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

FATIMMATUS ZAHRO, 17205153154 (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN METODE DRILL TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS AL-ISTIGHOTSAH PANGGUNGREJO TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fatimmatus Zahro, 17205153154, Pengaruh Pembelajaran Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, pembimbing: Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata kunci: Metode drill, Hasil Belajar Kognitif, Hasil Belajar Afektif Penelitian ini melatarbelakangi kurangnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran oleh karenanya siswa kurang berminat dan tidak bersemangat dalam menanggapi materi maupun tidak aktif dalam pembelajaran di kelas. Secara mandiri siswa masih belum bisa mengembangkan gaya belajarnya sendiri, Karena itu tidak semua aktif terlibat dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung, hal ini juga dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang menurun, sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan metode drill. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana pengaruh pembelajaran metode drill terhadap hasil belajar kognitif aqidah akhlak siswa MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pengaruh pembelajaran metode drill terhadap hasil belajar afektif aqidah akhlak siswa MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? 3) Bagaimana pengaruh pembelajaran metode drill terhadap hasil belajar kognitif dan afektif aqidah akhlak MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? Metode penelitian ini menggunakan; Pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling menggunakan purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t-test dan Uji MANOVA, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) hasil uji t-test angket hasil belajar kognitif diperoleh nilai Sig adalah 0,037. nilai Sig 037 < 0,05, maka Ha diterima, artinya ada pengaruh metode drill terhadap hasil belajar kognitif peserta didik kelas III di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. 2) hasil uji post-test hasil belajar afektif diperoleh nilai Sig adalah 0,012. nilai Sig ˂ 0,05. Maka Ha diterima. artinya ada pengaruh metode drill terhadap hasil belajar afektif aqidah akhlak peserta didik di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung. 3) hasil uji manova diperoleh nilai Sig adalah 0,009. nilai Sig ˂ 0,05. Maka Ha diterima. artinya ada pengaruh metode drill terhadap hasil belajar kognitif dan afektif aqidah akhlak peserta didik di MI Plus Al-Istighotsah Panggungrejo Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153154 FATIMMATUS ZAHRO
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:38
Last Modified: 24 Jun 2019 02:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11609

Actions (login required)

View Item View Item