KHALIMATUS SANGADAH, 17205153270 (2019) PENGARUH DASA DHARMA PRAMUKA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SD ISLAM AL-HIDAYAH SAMIR NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (630kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (775kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (417kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh dasa dharma Pramuka Terhadap Pendidikan Karakter Siswa SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung”, ini ditulis oleh Khalimatus Sangadah, NIM. 17205153270. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Indah Komsiyah, S.Ag., M.Pd, NIP. 19760518 200701 2 021 Kata Kunci: Dasa Dharma Pramuka, Pendidikan Karakter Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh dasa dharma yang merupakan sepuluh ketentuan nilai dasar untuk membina dan mengembangkan akhlak mulia yang sesuai dengan pendapat Kwartir Daerah Gerakan Pramuka yaitu Dasa dharma merupakan ketentuan moral dharma pramuka. Sedangkan dharma pramuka merupakan nilai dasar untuk membina dan mengembangkan akhlak mulia. Rumusan masalah: 1) Adakah pengaruh dasa dharma pramuka terhadap sikap jujur siswa SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung? 2) Adakah pengaruh dasa dharma pramuka terhadap sikap toleransi siswa SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung? 3) Adakah pengaruh dasa dharma pramuka terhadap sikap mandiri siswa SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung? Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui pengaruh dasa dharma pramuka terhadap sikap jujur siswa SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, 2) Untuk mengetahui pengaruh dasa dharma pramuka terhadap sikap toleransi siswa SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung, 3) Untuk mengetahui pengaruh dasa dharma pramuka terhadap sikap mandiri siswa SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung dengan jumlah 357 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling, dengan kelas V-A, kelas V-B, dan kelas V-C. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) angket, 2) wawancara, 3) observasi, dan 4) dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur seberapa besar pengaruh dasa dharma pramuka terhadap pendidikan karakter siswa. Sebelum angket digunakan dilapangan langkah yang harus dilakukan peneliti yaitu dilakukan pengujian validasi dan reabilitas. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Adanya pengaruh dasa dharma pramuka terhadap sikap jujur siswa SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung.Hal ini ditunjukkan dengan hasil thitung sebesar 3,373 sedangkan nilai Sign yaitu 0,001. 2) Adanya pengaruh dasa dharma pramuka terhadap sikap toleransi siswa SD Islam Al Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan hasil thitung sebesar 3,121 sedangkan nilai Sign yaitu 0,003. 3) Adanya pengaruh dasa dharma pramuka terhadap sikap mandiri siswa SD Islam Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan hasil thitung sebesar 3,065 dengan nilai Sign yaitu 0,003.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153270 KHALIMATUS SANGADAH |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 03:03 |
Last Modified: | 03 Jul 2019 03:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11627 |
Actions (login required)
View Item |