PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO BLITAR

RETNO DAMAYANTI, 17205153022 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PESERTA DIDIK KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (176kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar” ini ditulis oleh Retno Damayanti, NIM. 17205153022, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Anissatul Mufarokah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci :Make a Match, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada era pendidikan sekarang peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran, peserta didik terkadang bermain dengan teman ketika guru menjelaskan materi. Dalam pembelajaran hendaknya guru mampu memberikan suasana yang menyenangkan agar peserta didik bisa lebih memahami materi yang disampaikan, sehingga motivasi belajar peserta didik dapat tumbuh dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar? Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi eksperimental (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth terhadap motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. Hal ini berdasarkan penghitungan uji t untuk motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,030. Karena nilai Sig. (2-tailed) 0,030 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan motivasi belajar IlmuPengetahuan Alam peserta didik. 2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Macth terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. Hal ini berdasarkan penghitungan uji t untuk hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,027. Karena nilai signifikansi Sig. (2-tailed) 0,027 < 0,05 maka H0 ditolak dan H a diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik. 3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Plosorejo Blitar. Hal ini berdasarkan uji MANOVA untuk motivasi dan hasil belajar diperoleh Sig. (2- tailed) sebesar 0,00. Kaena nilai ig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153022 RETNO DAMAYANTI
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:21
Last Modified: 27 Jun 2019 03:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11640

Actions (login required)

View Item View Item