STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI AGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

FADILATUL KHUSNA, 17201153077 (2019) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGINTERNALISASIKAN NILAI-NILAI AGAMA PADA PESERTA DIDIK DI SMPN 2 KADEMANGAN BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul ‘‘Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Agama pada Peserta Didik di SMPN 2 Kademangan Blitar Tahun Ajaran 2018/2019’’ ini ditulis oleh Fadilatul Khusna, NIM. 17201153077, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. pembimbing: Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata kunci : Strategi Guru, Internalisasi, Nilai-nilai Agama Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena semakin maraknya sikap dan perilaku generasi bangsa usia pelajar yang menyimpang atau tidak sesuai dengan moral dan etika bangsa serta ajaran-ajaran Islam. Hal ini dikarenakan realitas pendidikan agama di sekolah masih berorientasi pada bagaimana agar peserta didik mampu mengetahui dan memahami ajaran Islam dari pada berorientasi pada bagaimana agar peserta didik mampu menghayati sekaligus mengamalkan ajaran agama dalam kehidupan. Sehubungan dengan ini, internalisasi nilai-nilai agama dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan hal penting yang perlu dikembangkan agar ilmu yang diperoleh siswa lebih bermakna. Maka, temuan awal tersebut menghantarkan pada penelitian tentang strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama pada peserta didik. Fokus penelitian ini adalah (1) Apa saja program guru PAI dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama pada peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan guru PAI dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama pada peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar? (3) Bagaimana evaluasi guru PAI dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama pada peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan program guru PAI dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama pada peserta didik di SMPN 2 Kademangan, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan guru PAI dalam menginternalisasikan nilai-nilai agam pada peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar, (3) Mendeskripsikan evaluasi guru PAI dalam menginternalisasikan nilainilai agama pada peserta didik di SMPN 2 Kademangan Blitar. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) program guru Pendidikan Agama Islam dalam menginternalisasikan nilai-nilai agama pada peserta didik adalah dengan melakukan penyusunan RPP yang di dalamnya memuat strategi guru dalam proses internalisasi nilai-nilai agama; musyawarah tentang pengaturan xiii jadwal pelaksanaan kegiatan keagamaan; dan sosialisasi tentang pembinaan keagamaan peserta didik kepada wali murid (2) pelaksanaan internalisasi nilainilai agama pada peserta didik dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan keteladanan, pembiasaan, ibrah dan amtsal serta pemberian nasehat (3) evaluasi guru Pendidikan Agama Islam terhadap proses internalisasi nilai-nilai agama pada peserta didik dilakukan dengan penekanan pada dua aspek penilaian yaitu proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153077 FADILATUL KHUSNA
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:31
Last Modified: 01 Jul 2019 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11646

Actions (login required)

View Item View Item