PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI MELALUI MEDIA POWER POINT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

DEVITRIA NUR SAFITRI, 17205153075 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI MELALUI MEDIA POWER POINT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA DI MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (989kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan TIK Melalui Media Power Point Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tematik Siswa di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Devitria Nur Safitri, NIM 17205153075, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Media, Power Point, Motivasi, Hasil, Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik yang salah satu faktornya adalah penggunaan dan pemilihan media pembelajaran yang kurang sesuai. Penggunaan media dalam proses pembelajaran merupakan salah satu upaya yang dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hasil belajar peserta didik. Dengan menggunakan media dalam pembelajaran akan diperoleh manfaat diantaranya pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa, dan materi pembelajaran akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Penggunaan media Microsoft Power Point yang secara karakteristiknya bersifat multimedia, yang tidak hanya dapat menampilkan teks saja, tetapi dapat dipadukan dengan unsur gambar, vidio, animasi dan musik merupakan salah satu upaya dalam mengakomodasikan gaya belajar siswa, dalam kondisi ini dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran yang inovatif, karena mengingat bahwa penggunaan media Microsoft Power Point masih tergolong inovasi baru dalam pembelajaran khususnya di Sekolah Dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh penggunaan TIK melalui media power point terhadap motivasi siswa di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung?, (2) Apakah ada pengaruh penggunaan TIK melalui media power point terhadap hasil belajar Tematik siswa di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung?, (3) Apakah ada pengaruh penggunaan TIK melalui media power point terhadap motivasi dan hasil belajar Tematik siswa di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung?. Metode penelitian yang diterapkan denganmenggunakan jenis penelitian kuantitatif, yang mana untuk memperoleh signifikansi antar variabel yang diteliti. Penelitian kuantitatif adalah suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui. Dengan menganalisa secara mendalam terkait, satu variabel bebas (X) berupa media power point dan dua variabel terikat (Y1 dan Y2) motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil uji manova angket motivasi ada pengaruh penggunaan media power point terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran materi Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 4 kelas V di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung 2019. Hal ini dapat dibuktikan dengan Sig. (2-tailed) 0,15 > 0,05 yang berarti Hₐ di terima dan Hₒ di tolak. (2) hasil uji manova post test ada ada pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran materi Tema 6 Subtema 3 pembelajaran 4 kelas V di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019. Hal ini dapat di buktikan dengan Sig. (2-tailed) adalah 0,15 > 0,05 yang berarti Hₐ di terima dan Hₒ di tolak. (3) Hasil uji manova angket motivasi dan post test ada Ada pengaruh penggunaan media power point terhadap minat belajar dan hasil belajar siswa pada pada pembelajaran materi Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 4 kelas V di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019. Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil analisis untuk motivasi belajar dan hasil belajar menggunakan analisis multivariate of variance (manova) diperoleh nilai ke empat P value (sig.) untuk pillae trace, wilk lambda, hotelling’s trace, dan Roy’s largest root = 0,15. Jadi nilai P value (sig.) 0,15 > 0,05 taraf signifikansi artinya semua nilai signifikan sehingga Hₐ di terima dan Hₒ di tolak. Penelitian tentang pengaruh penggunaan media power point terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2019, dengan mengacu pada teori Sugiyono ini terbukti terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153075 DEVITRIA NUR SAFITRI
Date Deposited: 25 Jun 2019 07:51
Last Modified: 25 Jun 2019 07:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11654

Actions (login required)

View Item View Item