INTAN ARIMA RIDLOTUL KHASANAH, 17205153059 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIN 6 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (658kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (378kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (972kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (968kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Negeri 6 Tulungagung Tahun ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Intan Arima Ridlotul Khasanah, NIM.17205153059, Jurusan Pendidikan Guru Madrsah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dab Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif, The Power Of Two, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar dan motivasi belajar yang masih rendah karena kurang tepatanya guru dalam memilih pendekatan pembelajaran dan kurang kemampuan guru dalam memotivasi belajar siswa. Faktor pendekatan belajar dan motivasi merupakan faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar. Oleh karena itu peneliti berusaha mengatasi permasalahan dengan menerapkan model Kooperatif Tipe The Power Of Two. The Power Of Two merupakan aktivitas pembelajaran yang digunakan untuk mendorong pembelajaran kooperatif dan memperkuat arti penting serta manfaat sinergi dua orang. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatife tipe The Power Of Two terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas IV di MIN 6 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019, (2) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatife tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di MIN 6 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019, (3) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran kooperatife tipe The Power Of Two terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas IV di MIN 6 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelirian ini siswa kelas IV MI Negeri 6 Tulungagung. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampeling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan model kooperatife tipe The Power Of Two dan kelas IV C sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data yaitu wawancara, tes, angket, dokumentasi. Hasil penelitian menuunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two berpengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi belajar. Berdasarkan uji t diperoleh thitung(2.521) > ttabel(2.021) dan signifikansi 0.016 < 0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (2) model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar, berdasarkan uji t diperoleh thitung (2.241) > ttabel(2.021) dan signifikansi 0.031 < 0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, (3) model pembelajaran The Power of Two berpengaruh positif yang signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar berdasarkan uji manova diperoleh signifikansi 0,002 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar Matematika kelas IV MI Negeri 6 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153059 INTAN ARIMA RIDLOTUL KHASANAH |
Date Deposited: | 27 Jun 2019 01:41 |
Last Modified: | 27 Jun 2019 01:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11660 |
Actions (login required)
View Item |