DEWI RETNO SARI, 17204153100 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUAL REPETITION (AIR) BERBASIS ALAT PERAGA PUZZLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR (KUBUS DAN BALOK) KELAS VIII MTsN 7 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
Cover.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (468kB) | Preview |
|
Text
Daftar isi.pdf Download (160kB) |
||
Text
Bab I.pdf Download (485kB) |
||
|
Text
Bab II.pdf Download (627kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (530kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text
Bab VI.pdf Download (202kB) |
||
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (202kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis Alat Peraga Puzzle terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) kelas VIII MTsN 7 Blitar” ini ditulis oleh Dewi Retno Sari, NIM. 17204153100, pembimbing Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis Alat Peraga Puzzle, minat belajar, hasil belajar Matematika merupakan pelajaran yang dianggap sulit, sehingga kurang diminati oleh siswa dan berimbas pada hasil belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu penggunaan model pembelajaran. Oleh karena itu, penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis alat peraga puzzle dianggap mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar (kubus dan balok). Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis alat peraga puzzle terhadap minat belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) kelas VIII di MTsN 7 Blitar; (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis alat peraga puzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) kelas VIII di MTsN 7 Blitar; (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis alat peraga puzzle terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) kelas VIII di MTsN 7 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 7 Blitar, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 4 dan VIII 5. Teknik mengumpulkan data menggunakan metode angket, metode tes, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunkan uji t dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis alat peraga puzzle terhadap minat belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) kelas VIII di MTsN 7 Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji t-test diperoleh nilai signifikansi 0,018; (2) Ada pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis alat peraga puzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) kelas VIII di MTsN 7 Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji t-test diperoleh nilai signifikansi 0,001; (3) Ada pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectual Repetition (AIR) berbasis alat peraga puzzle terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Datar (Kubus dan Balok) kelas VIII di MTsN 7 Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh perhitungan uji manova diperoleh nilai signifikansi 0,003.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153100 DEWI RETNO SARI |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 03:35 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 03:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11670 |
Actions (login required)
View Item |