DENTA PUTRI WANTINA, 17207153031 (2019) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (636kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (223kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (129kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Denta Putri Wantina, NIM: 17207153031. 2019. “Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTsN 4 Tulungagung”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci: Kepemimpinan, Mutu Pendidikan Seiring dengan perkembangan zaman yang sangat cepat membuat dunia pendidikan semakin penuh dengan dinamika. Mutu pendidikan merupakan cerminan dari mutu sebuah bangsa. Oleh karena itu, madrasah harus berjuang secara terus-menerus untuk menjadi pusat mutu. Pusat mutu di madrasah akan tercapai dengan baik, jika terdapat komitmen kepala madrasah, guru, staf, siswa dan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikannya. Untuk mengatasi semua permasalahan mutu pendidikan tersebut dibutuhkan kepemimpinan kepala madrasah agar permasalahan mutu bisa terselesaikan. Kepala madrasah merupakan pemimpin pendidikan tingkat satuan pendidikan, yang harus bertanggungjawab terhadap maju mundurnya madrasah yang dipimpinnya. Dalam hal ini peneliti mengambil salah satu lembaga yakni MTsN 4 Tulungagung sebagai objek penelitian. Madrasah ini memiliki siswa siswi yang unggul dalam prestasi, baik akademik maupun akademik. Dengan kepemimpinan kepala madrasah dari tahun ke tahun input dan output yang dihasilkan meningkat. Hal inilah yang membuat peneliti tertarik untuk menelitinya lebih dalam. Fokus penelitian ini adalah (1) visi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 4 Tulungagung, (2) gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 4 Tulungagung, (3) kebijakan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 4 Tulungagung. Jika dilihat dari sumber datanya, penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sedangkan jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) visi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu (a) ingin mengembangkan madrasah sampai tingkat nasional sedangkan visi madrasah unggul, iman, iptek, akhlakul karimah dan wawasan lingkungan, kemudian untuk mencapai visi tersebut semua sudah tercantum di RKM (Rencana Kerja Madrasah), (2) gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan terdiri dari (a) gaya kepemimpinan yang digunakan demokratis, (b) pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan perilaku dan pendekatan transformasional dan (3) kebijakan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan terdiri dari (a) kebijakan ada dua yaitu: kebijakan formal dan non formal, kebijakan kepala madrasah tentang rekrutmen siswa baru, kebijakan SIMPATIKA, kebijakan tentang input, proses dan output.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207153031 DENTA PUTRI WANTINA |
Date Deposited: | 25 Jun 2019 07:34 |
Last Modified: | 25 Jun 2019 07:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11677 |
Actions (login required)
View Item |