IMPLEMENTASI EKSTRAKULIKULER BACA TULIS AL-QURAN UNTUK MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS SISWA DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG

SITI NUR JANAH, 17205153352 (2019) IMPLEMENTASI EKSTRAKULIKULER BACA TULIS AL-QURAN UNTUK MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS SISWA DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (507kB)
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Ekstrakulikuler Baca Tulis Al-Quran Untuk Meningkatkan Nilai Religius Siswa di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Nur Janah, NIM. 17205153352. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Mustofa, S.S., M.Pd, Kata Kunci: Pembentukan Nilai Religius Kegiatan ekstrakurikuler keagamaan baca tulis Al-Qur’an di sini adalah berbagai kegiatan yang telah diselenggarakan dalam rangka memberikan arahan kepada siswa, agar siswa mengamalkan ajaran agama yang telah diperolehnya melalui kegiatan belajar di kelas, serta sebagai pendorong dalam membentuk sikap dan tingkah laku siswa sesuai dengan nilai-nilai agama Islam. Dengan kata lain, tujuan dasar kegiatan ekstrakurikuler keagamaan baca tulis Al-Qur’an adalah untuk membentuk manusia agar berbelajar dan bertakwa kepada Allah. Dan juga bertujuan untuk menciptakan manusia yang beriman kepada Allah SWT serta berbudi luhur yang harus diberikan sedemikian rupa sehingga pengalaman ajaran agama islam bisa dilestarikan oleh siswa dalam kehidupan pribadi maupun masyarakat. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi ekstrakulikuler baca tulis Al-Quran dalam meningkatkan nilai religius siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? (2) Bagaimana cara guru mengajarkan baca tulis Al-Quran dalam meningkatkan nilai religius siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi dari adanya ekstrakulikuler baca tulis Al-Quran dalam meningkatkan nilai religius siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? Tujuan Penelitian: untuk mengetahui: (1) Untuk mendeskripsikan kegiatan ekstrakulikuler baca tulis Al-Quran dalam meningkatkan nilai religius siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan cara guru mengajarkan baca tulis Al-Quran dalam meningkatkan nilai religius siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi dari adanya ekstrakulikuler baca tulis Al-Quran dalam meningkatkan nilai religius siswa SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, sajian data, verifikasi dan simpulan data. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi, perpanjangan waktu, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) implementasi ekstrakulikuler baca tulis Al-Quran dalam meningkatkan nilai religius siswa, diantaranya yaitu kegiatan ekstrakulikuler baca tulis Al-Quran dilaksanakan setiap hari jum’at pukul 13.00 setelah shalat jum’at, sebelum melakukan kegiatan ekstrakulikuler baca tulis Al-Quran semua siswa diwajibkan untuk berwudlu atau bersuci terlebih dahulu, dan kegiatan ekstrakulikuler baca tulis Al-Quran juga diterapkan di setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai. (2) cara guru mengajarkan baca tulis AlQuran dalam meningkatkan nilai religius siswa, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran dan metode pembelajaran guru dapat mempermudah berlangsungnya pembelajaran baca tulis Al-Quran dan siswa lebih mudah untuk memahami. (3) evaluasi dari adanya ekstrakulikuler baca tulis Al-Quran dalam meningkatkan nilai religius siswa, yaitu dengan memberikan evaluasi harian dan evaluasi kenaikan jilid atau jus siswa lebih mudah untuk memahami sehingga siswa bisa memperbaiki kesalahan dalam membaca maupun menulis dan siswa bisa meningkatkan kereligiusan dalam membaca Al-Quran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153352 SITI NUR JANAH
Date Deposited: 27 Jun 2019 03:38
Last Modified: 27 Jun 2019 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11695

Actions (login required)

View Item View Item