DEWI AYU RATNA SARI, 17205153373 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK DI MI ROUDLOTUL ULUM JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (930kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (642kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (643kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (872kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (435kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (574kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
Bab VI.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Tahfidz Al-Qur’an Pada Peserta Didik Di MI Rodotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Dewi Ayu Ratna Sari. NIM. 17205153373. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Mustofa, SS., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi, Tahfidz Al-Qur’an. Tahfidz Al-Qur’an dapat diartikan sebagai proses mempelajari Al-Qur’an dengan cara menghafalkannya agar selalu ingat dan dapat mengucapkannya di luar kepala tanpa melihat mushaf. Pelaksanaan Tahfidz Al-Qur’an memerlukan suatu strategi guru yang dapat memudahkan usaha-usaha tersebut, sehingga dapat berhasil dengan baik. Oleh karena itu strategi merupakan salah satu faktor yang turut menetukan keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an. Maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian yang berjudul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Tahfidz Al-Qur’an Pada Peserta Didik Di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tahun Ajaran 2018/2019”. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi tahfidz Al-Qur’an pada peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019 ? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan motivasi peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019 ?. (3) Bagaimana cara mengatasi hambatan-hambatan dalam meningkatkan motivasi peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019 ? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan strategi guru dalam meningkatkan motivasi tahfidz Al-Qur’an peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. (2) Untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam meningkatkan motivasi peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. (3) Untuk mendiskripsikan cara mengatasi hambatan-hambatan dalam meningkatkan motivasi peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara mendalam (Independen Interview), observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode induktif dengan alur tahapan Reduksi data, Penyajian data (data display), Verifikasi dan Simpulan Data. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan: (1) Strategi guru dalam meningkatkan motivasi tahfidz Al-Qur’an pada peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol sebagai berikut: a) Memperjelas tujuan yang ingin dicapai, b) Menumbuhkan minat, c) Memberikan hadiah/sanksi, d) Memberikan target hafalan, e) Menciptakan suasana yang menyenangkan, f) Mengadakan saingan atau kompetisi. (2) Faktor-faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi tahfidz Al-Qur’an pada peserta didik di MI Roudotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung sebenarnya hampir sama, seperti adanya dukungan motivasi dari guru dan orang tua, suasana kelas yang kondusif, Adanya kesadaran dari diri peserta didik dan adanya hubungan baik antara guru tahfidz dan peserta didik. Dari faktor- faktor motivasi tersebut peserta didik dapat menjadi faktor pendukung yang baik. Jika menghasilkan pengaruh yang buruk, maka hal tersebut menjadi faktor penghambat bagi peserta didik. (3) Cara guru dalam mengatasi hambatan-hambatan dalam meningkatkan motivasi tahfidz AL-Qur’an pada peserta didik di MI Roudlotul Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung , yaitu diantaranya a) Menggunakan variasi metode tahfidz Al-Qur’an, b) Adanya peraturan dan sanksi, c) Kerja sama yang baik antara guru tahfidz dengan orang tua peserta didik, d) Pemenuhan kelengkapan sarana dan prasarana.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153373 DEWI AYU RATNA SARI |
Date Deposited: | 27 Jun 2019 03:35 |
Last Modified: | 27 Jun 2019 03:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11696 |
Actions (login required)
View Item |