PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

KARIR LAILATUN NIKMAH, 17205153174 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MI SABILUL MUHTADIN PAKISREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung Tahun 2019”.Skripsi ini ditulis oleh Karir Lailatun Nikmah NIM 17205153174 pembimbing Dr. Sutopo,M.Pd. Kata kunci : Talking Stick, Minat Belajar, Hasil Belajar Pendidikan merupakan faktor penting yang menentukan tingkat kemajuan suatu bangsa. Pendidikan yang berumutu tentunya akan mencetak sumber daya manusia yang berkualitas unggul, sehingga kelak generasi penerus bangsa akan mampu bersaing di era globalisasi. Tugas yang paling berat untuk pendidik atau pengajar adalah bagaimana caranya siswa itu mampu memahami, mengerti pelajaran dengan baik dan bagaimana cara pengajar mampu menyampaikan materi dengan baik dan mampu menciptakan minat siswa terhadap pelajaran itu semakin meningkat. Menjadi seorang pengajar itu harus kreatif dan mampu memilih model pembelajaran yang inovatif yang membuat suasana kelas itu lebih hidup dan menyenangkan dalam mengikuti proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang menarik dan yang bisa digunakan guru untuk menghidupkan suasana pembelajaran yang menyenangkan adalah model pembelajaran kooperatif yang mengutamakan kerja kelompok. Dalam penelitian ini dispesifikasikan ke dalam model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dimana siswa belajar dengan menggunakan tongkat bergilir dengan diiringi lagu. Diharapkan dalam model pembelajaran ini dapat memiliki pengaruh terhadap minat dan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran Matematika. Berdasarkan dari uraian diatas peneliti mengambil judu Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Pengaruh minat belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada mata pelajaran Matematika MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung.(2)Pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada mata pelajaran Matematika MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung.(3) Pengaruh minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada mata pelajaran Matematika MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah eksperimen, populasinya seluruh siswa kelas IV MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung, sampelnya 50 siswa, tehnik samplingnya menggunakan sampling random, variabel penelitiannya adalah variabel bebas yakni model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan variabel terikatnya yaitu minat dan hasil belajar mata pelajaran Matematika, tehnik dan instrument pengumpulannya menggunakan angket dan tes. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji MANOVA dengan menggunakan bantuan progam SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap minat belajar Matematika siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansinya adalah 0,003. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,003 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, itu berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap minat belajar Matematika siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung.2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar Matematika siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikannya adalah 0,018. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,018 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, itu berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap hasil belajar Matematika siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung.3) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap minat dan hasil belajar Matematika siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikan minat belajar sebesar 0,003 dan hasil belajar sebesar 0,018. Sehingga dapat disimpulkan hasil uji hipotesis kedua variabel tersebut sama – sama kurang dari 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, itu berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick terhadap minat dan hasil belajar Matematika siswa MI Sabilul Muhtadin Pakisrejo Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153174 KARIR LAILATUN NIKMAH
Date Deposited: 02 Jul 2019 07:51
Last Modified: 02 Jul 2019 07:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11698

Actions (login required)

View Item View Item