ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ALJABAR BERDASARKAN TEORI APOS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KARANGAN

ANTIK PRAMULADANI, 17204153141 (2019) ANALISIS PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI ALJABAR BERDASARKAN TEORI APOS DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KARANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (897kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori APOS Pada Materi Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Karangan Tahun Ajaran 2018/2019”. Ini ditulis oleh Antik Pramuladani, NIM. 17204153141, pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Pemahama, Teori APOS, Aljabar Pemahaman sangat penting dalam belajar matematika. Dengan pemahaman siswa dapat memahami berbagai permasalahan dalam matematika. Kesulitan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika salah satu faktor penyebabnya yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap suatu topik bahasan matematika. Suatu topik bahasan matematika yang dapat dianalisis menggunakan Teori APOS salahsatunya adalah materi aljabar. Oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian yang menginterasikan pemahaman berdasarkan Teori APOS. Berdasarkan penjelasan tersebut, tujuan dari peneliti ini adalah untuk mendiskripsikan pemahaman siswa berdasarkan Teori APOS pada materi aljabar di kelas VII SMP Negeri 1 Karangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini menjadikan peneliti sebagai instrumen utama dalam penumpulan data. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Tes yang diberikan terdiri dari tes tulis. Pengambilan subjek tes tertulis dan wawancara secara acak. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksidata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mampu memenuhi semua tahapan Teori APOS namun tidak seutuhnya sempurna. Pada tahap aksi dan proses siswa mampu menentukan hal apa saja yang diketahui dalam soal, akan tetapi siswa tidak menuliskan hal tersebut kedalam lembar jawabannya. pada tahap objek siswa mampu menentukan langkah yang akan dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan pada soal aljabar dan pada tahap skema siswa mampu mengubah kalimat verbal menjadi kalimat matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: SKRIPSI 17204153141 ANTIK PRAMULADANI
Date Deposited: 26 Jun 2019 02:51
Last Modified: 26 Jun 2019 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11707

Actions (login required)

View Item View Item