WILDA KHOIRUN NISA, 17208153003 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WONDERSHARE QUIZ CREATOR SEBAGAI ALAT EVALUASI BELAJAR BIOLOGI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS XI SMAN 1 SRENGAT. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (587kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (203kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (796kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (183kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Sebagai Alat Evaluasi Belajar Biologi terhadap Minat dan Hasil Belajar siswa kelas XI SMAN 1 Srengat” ini ditulis oleh Wilda Khoirun Nisa, NIM 17208153003, pembimbing Dr. Adi Wijayanto., S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Aplikasi Wondershare Quiz Cretor, Evaluasi, Minat, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa guru jarang melakukan evaluasi disetiap akhir materi yang diajarkan dengan alasan kurangnya waktu sehingga mereka seringkali melewatkan proses evaluasi, selain itu proses pelaksaan evaluasi juga kurang memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal. Evaluasi merupakan komponen yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran digunakan untuk mengukur kemampuan siswa. Minat belajar adalah rasa ketertarikan siswa untuk belajar sehingga timbul keinginan siswa lebih giat belajar. Minat belajar siswa rendah dalam pembelajaran bisa disebabkan oleh kurang menariknya proses pembelajaran. Latihan soal yang jarang dan tidak menariknya penyajian soal juga akan berdampak pada hasil belajar kognitif. Aplikasi Wondershare Quiz Creator merupakan software yang dapat membantu guru dalam membuat soal yang menarik dan bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui adanya pengaruh Aplikasi Wondershare Quiz Creator sebagai alat evaluasi biologi materi sistem ekskresi terhadap minat belajar siswa kelas XI SMAN 1 Srengat, (2) Mengetahui adanya pengaruh Aplikasi Wondershare Quiz Creator sebagai alat evaluasi biologi pada sistem ekskresi terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMAN 1 Srengat, (3) Mengetahui adanya pengaruh Aplikasi Wondershare Quiz Creator sebagai alat evaluasi biologi materi sistem ekskresi terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMAN 1 Srengat. Penelitian ini tergolong pada jenis eksperimen semu dengan desain yang digunakan adalah only post test. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dan pengumpulan data dengan instrumen tes maupun angket. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif yang dibantu dengan SPSS 16. Hasil Penelitian ini yang telah diperoleh adalah (1) hasil minat belajar yang telah diuji dengan t-test maka diperoleh nilai dengan thitung 2,289 ˃ ttabel 1,99495 dan signifikasi (2-tailed) 0,025 ˂ 0,05. (2) Hasil belajar kognitif yang telah diuji dengan t-test maka diperoleh nilai thitung 2,594 ˃ 1,99495 dan signifikasi (2-tailed) adalah 0,012 ˂ 0,05, kedua data tersebut memiliki taraf signifikansi 5% dan db 69. (3) Hasil Uji manova diperoleh signifikasi 0,028. Berdasarkan keputusan pada uji t-test dan uji manova tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh karena nilai signifikasi kurang dari 0,05. Nilai rata-rata minat dan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh yang lebih baik pada penggunaan aplikasi Wondershare Quiz Creator sebagai alat evaluasi belajar biologi terhadap minat dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMAN 1 Srengat pada materi sistem ekskresi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 17208153003 WILDA KHOIRUN NISA |
Date Deposited: | 27 Jun 2019 03:30 |
Last Modified: | 27 Jun 2019 03:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11709 |
Actions (login required)
View Item |