ARI PUSPITA HARSOYO, 17204153115 (2019) KARAKTERISTIK BERPIKIR INTUITIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK (1).pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (438kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Kurangnya perhatian guru matematika terhadap karakteristik berfikir intuitif siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Guru belum maksimal memberikan kebebasan berpikir kepada siswa dalam menyelesaikan masalah matematika, sehingga siswa belum sepenuhnya melibatkan intuisinya dalam menyelesaikan masalah matematika dan masih rendahnya kemampuan berpikir intuitif matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1)Untuk mengetahui dan mendikripsikan karakteristik berfikir intuitif siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika. 2)Untuk mengetahui dan mendikripsikan karakteristik berfikir intuitif siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan masalah matematika. 3)Untuk mengetahui dan mendikripsikan karakteristik berfikir intuitif siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII K dengan mengambil subyek 6 orang siswa, 2 siswa dengan kemampuan matematika tinggi, 2 siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data berupa hasil tes tulis dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilihat dari perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa: 1)Karakteristik berpikir intuitif yang digunakan siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika antara lain; extrapolative, implicitly, persevarable, coerciveness, dan common sense. 2)Karakteristik berpikir intuitif yang digunakan siswa berkempuan sedang dalam menyelesaikan masalah matematika antara lain; extrapolative, implicitly, perseverable, dan power of synthesis. 3)Karakteristik berpikir intuitif siswa yang digunakan siswa berkempuan rendah dalam menyelesaikan masalah matematika antara lain; ektrapolative, implicitly, perseverable, dan power of synthesis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Skripsi 17204153115 ARI PUSPITA HARSOYO |
Date Deposited: | 27 Jun 2019 01:46 |
Last Modified: | 27 Jun 2019 01:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11722 |
Actions (login required)
View Item |