PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

DWI SEPTIORINI, 17204153254 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII DI MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (488kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (408kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (197kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Dwi Septiorini, NIM. 17204153254 pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), minat belajar, hasil belajar Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya minat belajar siswa dalam menyelesaikan masalah mengenai pelajaran matematika dan rendahnya hasil belajar siswa.Hal ini salah satunya dikarenakan siswa kurang dilibatkan oleh guru dalam menyelesaikan permasalahan mengenai matematika, akhirnya membuat siswa marasa bahwa pelajaran matematika itu sulit. Sehingga peneliti menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dimana nantinya siswa secara langsung memahami materi melalui aktivitas pemecahan masalah. Selain itu model Problem Based Learning (PBL) dapat dibantu dengan alat peraga supaya siswa lebih berminat dalam belajar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol.Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Purposive Sampling.Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen.Data penelitian ini diambil dari hasil angket minat dan nilai Post-Test, yang kemudian dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil Penelitian: (1) ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, (2) ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung, (3) ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap minat dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII di MTs Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153254 DWI SEPTIORINI
Date Deposited: 26 Jun 2019 07:24
Last Modified: 26 Jun 2019 07:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11734

Actions (login required)

View Item View Item