ANALISIS KREATIVITAS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

RAHMA IKA VICTORIA, 17204153277 (2019) ANALISIS KREATIVITAS DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPEN-ENDED MATERI TRIGONOMETRI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (970kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (381kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (501kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kreativitas dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Materi Trigonometri Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” yang ditulis oleh Rahma Ika Victoria, NIM 17204153277, Pembimbing Dr. Muniri, M. Pd. Kata Kunci: Kreativitas, Pemecahan Masalah Open-Ended. Kreativitas sangat diperlukan dalam matematika, terutama dalam mengerjakan soal. Masalah yang muncul tidak selalu dapat diselesaikan dengan cara yang sama dengan sebelumnya. Kemampuan berpikir kreatif ini diperlukan agar siswa dapat menyelesaikan masalah-masalah khususnya dalam matematika dengan tipe soal open-ended. Fenomena yang sering kita jumpai pada proses pembelajaran, khususnya matematika. Sering ditemukan bahwa pemahaman siswa hanya diukur dari berhasil tidaknya mereka mengerjakan latihan soal sesuai cara penyelesaian yang telah dijelaskan guru, sehingga siswa tidak diberi kebebasan atau keterbukaan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sesuai dengan kreativitasnya. Padahal tujuan pembelajaran diarahkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa, terutama berpikir kreatif. Berpikir kreatif sendiri dapat diketahui dan dikembangkan melalui pemecahan masalah open-ended. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan akademik tinggi dalam memecahkan masalah open-ended materi trigonometri, (2) mendeskripsikan tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan akademik sedang dalam memecahkan masalah open-ended materi trigonometri, (3) mendeskripsikan tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan akademik rendah dalam memecahkan masalah open-ended materi trigonometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitan grounded theory. Adapun lokasi penelitian yang dipilih adalah SMA Negeri 1 Tulungagung dengan subyek penelitian diambil 3 siswa berdasarkan hasil tes dengan kriteria siswa dengan kemampuan akademik tinggi, siswa dengan kemampuan akademik sedang dan siswa dengan kemampuan akademik rendah. Data yang digunakan adalah data hasil tes, observasi, dan wawancara dengan subyek. Tes yang digunakan mencakup materi trigonometri yang berkaitan dengan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku dan perbandingan trigonometri dengan sudut istimewa. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan menarik simpulan. Adapun pengecekan keabsahan data melalui triangulasi waktu, ketekunan pengamat, dan pengecekan teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa (1) Tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan akademik tinggi ada pada TBK 4 tergolong sangat kreatif, (2) Tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan akademik sedang ada pada TBK 3 tergolong kreatif, (3) Tingkat kreativitas siswa dengan kemampuan akademik rendah ada pada TBK 0 tergolong tidak kreatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153277 RAHMA IKA VICTORIA
Date Deposited: 26 Jun 2019 07:36
Last Modified: 26 Jun 2019 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11735

Actions (login required)

View Item View Item