PERAN GURU SKI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI MTS AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

ULI PUTRIANI, 17201153102 (2019) PERAN GURU SKI DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI MTS AL HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru SKI dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa di MTs Al Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Uli Putriani, Pendidikan Agama Islam, NIM 17201153102 Tahun 2019 dibimbing oleh DR. H. As’aril Muhajir, M. Ag. Kata kunci: Peran Guru, Keaktifan Belajar Skripsi ini dilatar belakangi oleh siswa yang belum mampu berperan lebih aktif dalam kelas dalam pembelajaran SKI. Dalam pembelajaran SKI siswa cenderung jenuh dengan beban materi memahami, menghafal tanggal, tokoh dan tempat-tempat sejarah. Jumlah siswa dalam satu kelas juga mempengaruhi proses belajar mengajar. Sehingga sangat dibutuhkan peran guru dalam proses belajar mengajar agar tercipta pembelajaran yang dapat diterima oleh siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peran guru SKI sebagai pendidik dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di MTs Al Huda Bandung?, (2) Bagaimana peran guru SKI sebagai pengajar dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di MTs Al Huda Bandung?, (3) Bagaimana peran guru SKI sebagai motivator dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di MTs Al Huda Bandung?. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Untuk mengetahui peran guru SKI sebagai pendidik dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di MTs AlHuda Bandung., (2) Untuk mengetahui peran guru SKI sebagai pengajar dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di MTs Al- Huda Bandung., (3) Untuk mengetahui peran guru SKI sebagai motivator dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa di MTs Al- Huda Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data: wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi dengan tekhnik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam melakukan tekhnik pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan perpanjangan penelitian, ketekunan peneliti, triangulasi, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian: (1) Peran guru sebagai pendidik melalui pendekatan personal atau pendekatan pribadi kepada siswa, serta melalui pembinaan, pendampingan, dan evaluasi mengenai keaktifan belajar siswa, bisa juga dengan pemberian dorongan kepada siswa, serta dengan Peningkatan prestasi belajar siswa melalui keikutsertaan ii siswa dalam olimpiade, serta dengan diadakannya jam tambahan pembelajaran bagi siswa. Serta dengan cara melatih keberanian siswa., (2) Guru berperan sebagai pengajar dengan memberikan teguran pada siswa yang tidak memperhatikan pembelajaran, memberikan hukuman ringan jika ada siswa yang tidak mengerjakan tugas, guru memberikan semangat pada siswa dan membuat suasana kelas yang menyenangkan, siswa yag aktif diberi reward, serta guru mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik sebelum pembelajaran dimulai., (3) Pemberian motivasi melalui ceramah pada saat awal dan akhir pembelajaran, guru memberikan motivasi kepada siswa dengan memberikan mereka contoh yang baik. Serta Memotivasi siswa agar menjadi lebih baik dan supaya siswa mempunyai jiwa yang lebih baik

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153102 ULI PUTRIANI
Date Deposited: 03 Jul 2019 07:15
Last Modified: 03 Jul 2019 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11736

Actions (login required)

View Item View Item