PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 6 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

RIZQY RIZAL FANANI, 17205153116 (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 6 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (498kB)
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas IV MIN 6 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Rizqy Rizal Fanani, NIM 17205153116, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd Kata Kunci : Metode Snowball Trowing, Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam belajar Fiqih, rendahnya keaktifan siswa dan hasil belajar kurang. Oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa peneliti menerapkan sebuah model pembelajaran Snowball Throwing dalam proses pembelajaran. Peneliti ini dilaksanakan di MIN 6 Tulungagung pada kelas IV. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : 1) Adakah pengaruh metode Snowball Throwing terhadap motivasi belajar peserta didik kelas IV di MIN 6 Tuugagung? 2) Adakah pengaruh metode Snowball Throwing terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di MIN 6 Tuugagung? 3) Adakah pengaruh metode Snowball Throwing terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas IV di MIN 6 Tuugagung?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Snowball Throwing terhadap motivasi belajar Fiqih peserta didik kelas IV MIN 6 Tulungagung. 2) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Snowball Throwing terhadap hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV MIN 6 Tulungagung. 3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Snowball Throwing terhadap motivasi dan hasil belajar Fiqih peserta didik kelas IV MIN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitiannya quasi experiment (eksperimen semu). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang motivasi belajar sedangkan tes untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa di MIN 6 Tulungagung dan kelas IV menjadi samplenya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran Snowball Throwing terhadap motivasi belajar fiqih siswa kelas IV di MIN 6 Tulngagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji T untuk motivasi belajar fiqih diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,021. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Snowball Throwing terhadap Motivasi belajar fiqih. 2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran Snowball Throwing dengan hasil belajar siswa di MIN 6 Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji T untuk hasil belajar Fiqih diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,019. Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Snowball Throwing dengan hasil belajar fiqih. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara metode pembelajaran Snowball Throwing dengan motivasi belajar dan hasil belajar siswa di MIN6 Tulungagung. Hal ini berdasarkan perhitungan uji manova untuk minat belajar dan hasil belajar fiqih diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,011 . Karena signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga ada pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Snowball Throwing dengan motivasi belajar dan hasil belajar Fiqih.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153116 RIZQY RIZAL FANANI
Date Deposited: 27 Jun 2019 06:51
Last Modified: 27 Jun 2019 06:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11738

Actions (login required)

View Item View Item