LUQMAN CHAKIM, 17201153256 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PERILAKU ISLAMI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUHAN (SMK) PERSATUAN GURU REPLUBLIK INDONESIA (PGRI) 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (764kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (524kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (494kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (820kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (185kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Luqman Chakim, NIM. 17201153256, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. H. Muh. Muntahibun Nafis M.Ag. Kata kunci: Peran, Guru PAI, Perilaku Islami Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena kenakalan siswa yang akhir-akhir ini semakin mengkhawatirkan, seperti: tawuran antar pelajar, pergaulan bebas dikalangan remaja, penyalahgunaan narkoba dan sebagainya, dari permasalahan tersebut para guru khususnya guru pendidikan agama Islam memiliki tugas dan peran untuk meningkatkan perilaku Islami siswa. Dalam hal ini peneliti membahas terkait peran Guru PAI dalam meningkatkan perilaku Islami siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung. Konteks penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru PAI dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung? (2) Bagaimana Pelaksanaan kegiatan pendidikan agama islam sebagai Peningkatkan Perilaku Islami Siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung? (3) Bagaimana faktor pendukung dan pengahambat Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung? Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan bentuk kegiatan pendidikan agama islam sebagai Peningkatkan Perilaku Islami Siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan pengahambat Dalam Meningkatkan Perilaku Islami Siswa di SMK PGRI 1 Tulungagung. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan study dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Dari hasil penelitian menemukan bahwa 1. Peran Guru Pendidikan Agama Islam di SMK PGRI 1 Tulungagung melakukan berbagai peran yang dipergunakan dalam melangsungkan proses belajar mengajar, diantaranya: Guru sebagai Motivator, Guru sebagai Educator, dan Guru sebagai teman Evaluator. 2. Pelaksanaan peningkatan perilaku islami di SMK PGRI 1 Tulungagung.berada di kelas dan di luar kelas. 3. Faktor Pendukung: Tim Keagamaan, Pengurus Remas, Sarana. Faktor Penghambat: Keadaan peserta didik yang heterogen, yang berasal dari keluarga yang berbeda-beda, Kurangnya guru perempuan dalam Tim keagamaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153256 Luqman chakim |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 07:05 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 07:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11757 |
Actions (login required)
View Item |