MUHAMMAD NABILA HILMI MUSTOFA, 17207153002 (2019) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LULUSAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (512kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (139kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (181kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Kualitas Lulusan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Muhammad Nabila Hilmi Mustofa, NIM: 17207153002, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Masduki, M.Ag., NIP. 19620708 199803 1 001 Kata Kunci: manajemen peserta didik, kualitas lulusan Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat. Selain itu lembaga pendidikan dituntut untuk menghasilkan output atau lulusan yang sesuai dengan perkembangan zaman. Dalam mengatasi tuntutan akan lulusan teresebut, maka perlu adanya upaya yang maksimal dari pihak pengelola sekolah. Kegiatan pengelolaannya yakni manajemen peserta didik dalam meningkatkan kualitas lulusan. Hal ini menjadi alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerimaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas lulusan di MTs Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? (2) Bagaimana pengelolaan proses pembelajaran dalam meningkatkan kualitas lulusan di MTs Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? (3) Bagaimana pengembangan peserta didik dalam meningkatkan kualitas lulusan di MTs Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Untuk menjelaskan penerimaan peserta didik dalam meningkatkan kualitas lulusan di MTs Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. (2) Untuk menjelaskan pengelolaan proses pembelajaran dalam meningkatkan kualitas lulusan di MTs Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. (3) Untuk menjelaskan pengembangan peserta didik dalam meningkatkan kualitas lulusan di MTs Negeri 2 Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini penulis menggunakan : Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada kepala madrasah, beberapa waka madrasah, dan para guru. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi, sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan mengetahui kebenarannya. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, model data dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem seleksi. Meskipun calon pendaftar memilih jalur reguler tetap harus melalui seleksi berupa tes. Adapun tes yang diberikan adalah tes membaca, menulis, menghitung dan tes keislaman. Kemudian pengelolaan proses pembelajaran terlaksana dengan baik. Setelah PPDB selesai, peserta didik akan dikelompokkan sesuai dengan program belajar yang dipilih. Ada program belajar unggulan dan reguler yang ditawarkan oleh madrasah. Peserta didik yang mendaftarkan diri dan diterima pada program unggulan akan ditempatkan di kelas unggulan yakni kelas A. Sedangkan peserta didik yang diterima di program reguler akan ditempatkan pada kelas reguler B hingga J. Dalam setiap kelas xiv reguler, jumlah peserta didik yang pandai dan biasa saja disamaratakan. Tiap kelas pasti ada yang pandai dan yang biasa saja. Ketika mengajar, para guru memandang peserta didik sebagai pribadi yang berpotensi dan metode yang digunakan guru disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Metode yang banyak digunakan adalah metode pemecahan masalah (Problem Based Learning) yakni peserta didik dilatih untuk aktif di dalam kelas. Kemudian pengembangan peserta didik meliputi pengembangan akademik dan pengembangan non akademik. Akan tetapi yang lebih berpengaruh dan banyak menorehkan prestasi adalah pengembangan non akademik yakni kegiatan ekstrakurikuler. Dengan adanya ekstrakurikuler, potensi peserta didik semakin terasah dan berkembang lebih cepat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207153002 MUHAMMAD NABILA HILMI MUSTOFA |
Date Deposited: | 27 Jun 2019 07:14 |
Last Modified: | 27 Jun 2019 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11780 |
Actions (login required)
View Item |