PENGARUH KECERDASAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ZULAIHATUL KAROMAH, 17205153093 (2019) PENGARUH KECERDASAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (574kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

ABSTRAK Zulaihatul Karomah, NIM. 17205153093, Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung”, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Kecerdasan, Emosional, Moral, Spiritual, Prestasi, Belajar, Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh realita yaitu masih adanya peserta didik di sekolah yang nilai matematikanya kurang optimal dalam pencapaian prestasi belajarnya. Banyak faktor yang menyebabkan peserta didik yang masih kurang menguasai mata pelajaran matematika, faktor tersebut diantaranya adalah kurangnya minat dalam belajar matematika, karena matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan kurang menarik. Dengan demikian diperlukan pengembangan kecerdasan emosional, kecerdasan moral dan kecerdasan spiritual. Dengan demikian kompetensi-kompetensi yang ada pada diri peserta didik dapat diasah dan dikembangkan serta diharapkan mampu mencetak lulusan yang cukup matang dalam kecerdasan emosional, kecerdasan moral dan kecerdasan spiritualnya sehingga peserta didik mampu mencapai prestasi belajar matematika yang bagus dan memuaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimanakah pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimanakah pengaruh kecerdasan moral terhadap prestasi belajar matematika peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimanakah pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar matematika peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung? (4) Bagaimanakah pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan moral dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar matematika peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 216 peserta didik. Sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling., sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VA dan VB MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung yang berjumlah 43 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi berganda yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu dengan uji normalitas dan linieritas. xiv Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dengan perolehan thitung > ttabel (3,974 > 2,02269) maka H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh kecerdasan moral terhadap prestasi belajar matematika peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dengan perolehan thitung > ttabel (3,317 > 2,02269) maka H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar matematika peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dengan perolehan thitung > ttabel (3,296 > 2,02269) maka H0 ditolak dan Ha diterima. (4) Ada pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan moral dan kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar matematika peserta didik MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung dengan perolehan Fhitung > Ftabel (8,047 > 2,85) maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153093 ZULAIHATUL KAROMAH
Date Deposited: 02 Jul 2019 03:19
Last Modified: 02 Jul 2019 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11804

Actions (login required)

View Item View Item