PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

Tri Risky Handayani, 17205153374 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (594kB) | Preview
[img] Text
Bab II.pdf

Download (734kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (770kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (474kB)
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audiovisual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Tri Risky Handayani, NIM. 17205153374. Pembimbing Dr. Adi Wijayanto.,S.Or.,S,Kom.,M.Pd.,AIFO Kata Kunci : Media Audiovisual dan Hasil Belajar Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa peneliti menerapkan Media Audiovisual dalam proses pembelajaran agar proses belajar akan menjadi lebih menarik dan akan lebih baik pula daya serap siswa terhadap materi pelajaran sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Rumusan masalah, 1) Adakah pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV materi Keberagaman Budaya Bangsaku di SD Negeri 1 Kedungwaru? 2)Adakah Pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar materi Kebersamaan dalam Keberagamaan di SDNegeri 1 Kedungwaru Tulungagung?3)Adakah Pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar materi Bersyukur atas keberagamaan di SDNegeri 1 Kedungwaru Tulungagung? Tujuan penelitian, 1) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV materi Keberagaman Budaya Bangsaku di SD Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung 2) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV materi Kebersamaan dalam Keberagamaan di SDNegeri1 Kedungwaru Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audiovisual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV materi Bersyukur atas keberagamaan di Masyarakat di SDNegeri1 Kedungwaru Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, karena dalam penelitian ini penguji ingin menguji penerapan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa, pengumpulan data dengan menggunakan test soal serta dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 62 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, masing-masing kelas berjumlah 30 siswa di kelas A dan 32 siswa di kelas B. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t (Paired sample test). Berdasarkan hasil analisis hasil belajar pada Subtema 1 yang diperoleh nilai 0,000. Sig. 2 (tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Maka, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan media audiovisual terhadap hasil belajar IPS materi Keberagaman Budaya Bangsaku. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar pada Subtema 2 yang diperoleh nilai 0,000. Sig. 2 (tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Maka, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan media audiovisual terhadap hasil belajar IPS materi Kebersamaan dalam Keberagamaan. Berdasarkan hasil analisis hasil belajar pada Subtema 3 yang diperoleh nilai 0,000. Sig. 2 (tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Maka, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi terdapat pengaruh yang signifikan media audiovisual terhadap hasil belajar IPS materi Bersyukur atas keberagamaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Umum
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S. Pd. 17205153374 Tri Risky Handayani
Date Deposited: 28 Jun 2019 04:19
Last Modified: 28 Jun 2019 04:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11805

Actions (login required)

View Item View Item