KHUSNUL KHOTIMAH, 17205153140 (2019) PENGARUH NILAI-NILAI RELIGUS DALAM PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL HUDA BENDOWULUNG BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (465kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (599kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (59kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Nilai-Nilai Religius dalam Pendidikan Kepramukaan terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di MI Nurul Huda Bendowulung Tahun Ajaran 2018/2019ˮ yang ditulis oleh Khusnul Khotimah dibimbing oleh H. Muh Nurul Huda, M.A. Kata Kunci: Hasil Belajar Peserta Didik, Nilai-Nilai Religius dalam Pendidikan Kepramukaan. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa nilai-nilai religius dalam pendidikan kepramukaan dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah nilai-nilai religius dalam pendidikan kepramukaan terhadap hasil belajar peserta didik semester genap tahun ajaran 201 8/2019 di MI Nurul Huda Bendowulung Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengaruh nilainilai religius pendidikan kepramukaaan dalam Habluminallah terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Bendowulung Blitar Tahun Ajaran 2018/2019 ? 2) Bagaimana pengaruh nilai-nilai religius pendidikan kepramukaaan dalam Habluminannas terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Bendowulung Blitar Tahun Ajaran 201 8/2019 ?3) Bagaimana pengaruh nilai-nilai religius pendidikan kepramukaaan dalam Habluminalam terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Bendowulung Blitar Tahun Ajaran 201 8/2019 ? 4) Bagaimana pengaruh secara bersama-sama nilai-nilai religius pendidikan kepramukaaan dalam Habluminallah, Habluminannas, dan Habluminalam terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Bendowulung Blitar Tahun Ajaran 201 8/2019 ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan adanya pengaruh nilai-nilai religius pendidikan kepramukaaan dalam Habluminallah terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Bendowulung Blitar Tahun Ajaran 201 8/2019. 2) Untuk mendeskripsikan adanya pengaruh nilai-nilai religius pendidikan kepramukaaan dalam Habluminannas terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Bendowulung Blitar Tahun Ajaran 2018/2019. 3) Untuk mendeskripsikan adanya pengaruh nilai-nilai religius pendidikan kepramukaaan dalam Habluminalam terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Bendowulung Blitar Tahun Ajaran 201 8/2019. 4) Untuk mendeskripsikan adanya pengaruh secara bersama-sama nilai-nilai religius pendidikan kepramukaaan dalam Habluminallah, Habluminannas, dan Habluminalam terhadap hasil belajar peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Bendowulung Blitar Tahun Ajaran 201 8/2019. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas I, II, III, IV, V, dan VI MI Nurul Huda Bendowulung Blitar yang berjumlah 136 peserta didik. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah 56 peserta didik dari jumlah populasi menggunakan teknik purpose sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Angket digunakan untuk xxii memperoleh data tentang nilai-nilai religius dalam pendidikan kepramukaaan . Dokumentasi untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik. Sedangkan metode wawancara digunakan untuk mencari informasi tentang sekolah tempat penelitian. Teknik analisis data yang digunakan regresi linier sederhana dan regresi linier berganda, uji t, uji F, dan sumbangan efektif yang sebelumnya dilakukan uji normalitas, uji linieritas, dan uji asumsi klasik. Pengujian-pengujian tersebut menggunakan bantuan program komputer Statistical Product and Sevice Solution (SPSS) 23.0 for windows. Berdasarkan dari analisis data didapatkan: 1) Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel (2,300 > 2,005). Nilai signifikansi t untuk variabel nilai-nilai religius pendidikan kepramukaaan dalam habluminallah adalah 0,025 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,025 < 0,05). 2) Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai thitung > ttabel (2,497 > 2,005). Nilai signifikansi t untuk variabel nilai-nilai religius pendidikan kepramukaaan dalam habluminannas adalah 0,016 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas 0,05 (0,016 < 0,05). 3) Berdasarkan perhitungan diperolah nilai thitung > ttabel (2,245 > 2,005). Nilai signifikansi t untuk variabel nilai-nilai religius pendidikan kepramukaaan dalam habluminalalam adalah 0,029 dan nilai tersebut lebih kecil 0,05 (0,029 < 0,05). 4) Berdasarkan perhitungan menunjukkan Fhitung > Ftabel (2,845 > 2,780) dan tingkat signifikansi 0,046 < 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh lebih kecil daripada probabilitas α yang ditetapkan (0,046 < 0,05). Sumbangan pengaruh variabel nilai-nilai religius dalam pendidikan kepramukaan terhadap hasil belajar peserta didik di MI Nurul Huda Bendowulung Blitar Tahun Ajaran 2018/2019 adalah sebesar 14,1% sedangkan 85,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153140 KHUSNUL KHOTIMAH |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 06:27 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 06:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11816 |
Actions (login required)
View Item |