PENGARUH PENGENALAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS XI DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN BLITAR

MUJAB ZUBAIDI, 17201153181 (2019) PENGARUH PENGENALAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS XI DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (734kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini ditulis oleh Mujab Zubaidi, NIM: 17201153181. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul: “Pengaruh Pengenalan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Blitar , Program S1, Program Studi PAI, IAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dr.H. Muh. Kharis, M.Pd.,NIP: 19650512 199803 1 002 Kata Kunci : Gaya Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi karena masih dijumpai siswa yang kesulitan dalam mengenali gaya belajarnya. Adanya kemampuan guru yang berbeda dalam menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan siswa. Gaya belajar merupakan kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan, sekolah dan dalam situasi antar pribadi. Dengan mengenali gaya belajar, akan dapat menentukan cara belajar yang lebih efektif. Siswa akan tahu bagaimana memanfaatkan kemampuan belajar secara maksimal, sehingga hasil belajar anda dapat optimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh pengenalan gaya belajar visual terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Blitar. (2) Adakah pengaruh pengenalan gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Blitar. (3) Adakah pengaruh pengenalan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Blitar. (4) Adakah pengaruh pengenalan gaya belajar visual, auditorial, kinestetik terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Blitar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh pengenalan gaya belajar visual terhadap hasil belajar Aqidah Akhlaq kelas XI di MA AlHikmah Langkapan Blitar. (2) Untuk mengetahui pengaruh pengenalan gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak kelas XI di MA AlHikmah Langkapan Blitar. (3) Untuk mengetahui pengaruh pengenalan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar aqidah akhlak kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Blitar. (4) Untuk mengetahui pengaruh pengenalan gaya belajar visual, auditorial, kinestetik terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini termasuk penelitian Assosiatif. Dalam penelitian ini menggunakan sampel yaitu 34 siswa. Metode pengambilan data menggunkan kuesioner model skala likert untuk mengetahui jenis gaya belajar siswa, sedangkan variabel hasil belajar Aqidah Akhlak menggunakan dokumentasi sekolah berupa nilai raport. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan uji-t, uji F, dan uji Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan:(1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara pengenalan gaya belajar visual terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Blitar. Dari hasil uji t di peroleh: thitung> ttabel (2,225> 2,042). (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara pengenalan gaya belajar Auditorial terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Blitar.Dari hasil uji t di peroleh: thitung> ttabel (3,081> 2,042) (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara pengenalan gaya belajar Kinestetik terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Blitar. Dari hasil uji t di peroleh: thitung> ttabel (2,566> 2,042). (4) Pengenalan Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial, Gaya Belajar Kinestetik secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif terhadap hasil belajar mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas XI di MA Al-Hikmah Langkapan Blitar. Hal ini dapat di buktikan melalui analisis regresi ganda yang diperoleh: Fhitung> Ftabel (48,664> 2,92). Dan diperoleh koefesien determinasi sebesar 0,830 berati sebesar 83% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh gaya belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153181 MUJAB ZUBAIDI
Date Deposited: 01 Jul 2019 04:10
Last Modified: 01 Jul 2019 04:10
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11840

Actions (login required)

View Item View Item