STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SDI LUKMANUL HAKIM KADEMANGAN BLITAR

EVI OKTAVIANI RAMADAN, 17205153356 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SDI LUKMANUL HAKIM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (686kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Menanamkan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Evi Oktaviani Ramadan, NIM. 17205153356, pembimbing Prof. Dr.H. Muwahid Shulhan, M.Ag. Penelitian ini dilatar belakangi oleh persoalan karakter atau penurunan moral pada anak-anak yang sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini menjadi perhatian bagi berbagai kalangan. Penanaman pendidikan karakter tidak hanya di dapat melalui bidang akademik tetapi non-akademik, hingga membuat SD Islam Lukmanul Hakim menanamkan pendidikan karekter melalui ektrakulikuler salah satunya seni tari. SD Islam Lukmanul Hakim perlu mengetahui strategi penanaman pendidikan karakter yang tepat untuk diimplementasikan kepada siswa ektrakulikuler seni tari. Fokus penelitian dalam penulisan ini adalah : (1) Bagaimana Guru Menanamkan Pendidikan Karakter yang Terdapat dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar? (2) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Menanamkan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar? (3) Bagaimana Implementasi Pendidikan Karakter yang Terdapat dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Seni Tari di SD Islam Lukmanul Hakim Kademangan Blitar? Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif sedangkan data yang diambil adalah sumber data primer (data yang diperoleh langsung dari sumber asli bukan oleh perantara), dan sumber data sekunder (sumber data penelitian yang diperoleh dari penelitian secara tidak langsung melalui perantara), sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Langkah terakhir dalam metode penelitian adalah analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Guru membiasakan siswa pada budaya religius, kedisiplinan siswa, kreatifitas siswa dan bekerjasama seperti membudayakan bersalaman sebelum berkegiatan dan berakhirnya kegiatan di depan kelas, membiasakan datang tepat waktu , dan siswa diperintahkan membuat gerakan berdasarkan lagu yang sudah ditentukan. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menanamkan pendidikan karakter antara lain siswa berpartisipasi dalam mengikuti ekstrakurikuler, didukung sarana yang menunjang kegiatan dan dukungan positif dari orang tua wali murid. Faktor penghambat penanaman pendidikan karakter antara lain ketidak hadiran siswa, prasarana yang masih kurang memadai, dan kedisiplinan siswa. (3) Implementasi penanaman pendidikan karakter yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari guru melalui 4 tahapan yaitu kegiatan pra, kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Di dalam mengajar tari guru menggunakan metode latihan, dan demonstrasi. Kata Kunci: Strategi, Pendidikan Karakter, Ekstrakurikuler Seni TarI

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153356 Evi Oktaviani Ramadan
Date Deposited: 02 Jul 2019 06:55
Last Modified: 30 Mar 2020 10:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11843

Actions (login required)

View Item View Item