STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI KONSEP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

BINTI NUR FITRIANDINI, 17201153520 (2019) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI KONSEP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (969kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (945kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (303kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Konsep Higher Order Thinking Skills (HOTS) Di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Binti Nur Fitriandini, NIM. 17201153520, pembimbing Dr. Agus Zaenul Fitri., M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru PAI, Berpikir Kritis, HOTS Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukkan bahwa berpikir kritis menjadi acuan dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Maka dengan adanya hal itu peningkatan kemampuan berpikir kritis terhadap siswa perlu dibentuk sejak dini. Karena selain sebagai acuan dalam keberlangsungan tujuan pembelajaran untuk mencapai prestasi, berpikir kritis juga akan menjadi cikal bakal bagi peserta didik dalam menghadapi permasalahan di kehidupan nyata. Dalam penelitian ini difokuskan pada tiga fokus masalah, yaitu: (1) Bagaimana langkah-langkah guru PAI dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui konsep HOTS di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam mengembangkan soal-soal berbasis HOTS untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana hasil strategi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui konsep HOTS di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui langkah-langkah guru PAI dalam meningkatkan berpikir kritis melalui konsep HOTS di SMPN 1 Sumbergempol (2) Mengetahui strategi guru PAI dalam mengembangkan soal-soal berbasis HOTS untuk meningkatkan berpikir kritis di SMPN 1 Sumbergempol (3) Mengetahui hasil pembelajaran dalam meningkatkan berpikir kritis melalui konsep HOTS di SMPN 1 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan metodee kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Dalam penelitian teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan kriteria derajat kepercayaan, yang dilakukan dengan memperpanjangan pengamatan, triangulasi data, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu; pertama, guru PAI dalam menentukan langkah-langkah untuk meningkatkan berpikir kritis bagi siswa yang diarahkan ke konsep HOTS yaitu menentukan tujuan pembelajaran, model pembelajaran, strategi, metode, dan menentukan bentuk evaluasinya yang tercantum dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Kedua, strategi guru PAI dalam mengembangkan soal-soal HOTS di dasarkan pada indikator berpikir kritis serta indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi yang bersifat pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan meliputi pemilihan stimulus pertanyaan yang kontekstual. Ketiga, hasil strategi pembelajaran yang berbasis peningkatan kemampuan berpikir kritis (HOTS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yaitu peningkatan mutu pembelajaran, siswa lebih aktif, kemandirian siswa dalam menyelesaikan masalah, dan peningkatan prestasi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153520 BINTI NUR FITRIANDINI
Date Deposited: 03 Jul 2019 01:47
Last Modified: 03 Jul 2019 01:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11856

Actions (login required)

View Item View Item