LIA NOVITA SARI, 17205153023 (2019) PERAN GURU PEMBIMBING KHUSUS UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (DOWN SYNDROME) DI MI MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (528kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (228kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (196kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (90kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (148kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pembimbing Khusus untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Down Syndrome) di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar” ini ditulis oleh Lia Novita Sari, NIM. 17205153023, Pembimbing: Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Peran Guru, Guru Pembimbing Khusus, Anak Berkebutuhan Khusus. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pendidikan yang layak adalah hak setiap warga negara termasuk anak berkebutuhan khusus seperti yang tercantum pada UUD 1945 pasal 31 ayat (1). Anak berkebutuhan khusus tidak seharusnya didiskriminasi dalam hak pendidikannya, di MI Miftahul Ulum Plosorejo anak berkebutuhan khusus sangat diperhatikan sama halnya dengan anak normal. Maka dari pihak sekolah anak berkebutuhan khusus difasilitasi guru pembimbing khusus yang berperan mengoptimalkan potensi anak berkebutuhan khusus. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi adalah: (1) Bagaimana peran guru pembimbing khusus merencanakan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus (Down Syndrome) di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (2) Bagaimana peran guru pembimbing khusus melaksanakan pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus (Down Syndrome) di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? (3) Bagaimana peran guru pembimbing khusus mengevaluasi pembelajaran untuk anak berkebutuhan khusus (Down Syndrome) di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru pembimbing khusus merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran untuk ABK di MI Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Guru pembimbing khusus maksimal mengampu dua orang ABK. Peran yang dijalankan dalam merencanakan pembelajaran untuk ABK yaitu meliputi pembuatan kurikulum khusus ABK dan RPP individual setiap pertemuan. Kesulitan yang dialami GPK adalah menyesuaikan bobot KD yang harus dicapai dengan kemampuan setiap ABK. (2) Guru pembimbing khusus melaksanakan pembelajaran untuk ABK di ruang khusus. Metode yang digunakan dalam penyampaian materi beragam harus selalu menyesuaikan kondisi ABK saat pembelajaran, diantaranya digunakan metode ceramah, penugasan, dan gambar. GPK juga membuat media pembelajaran yang sesuai materi. Cara efektif dalam melaksanakan pembelajaran untuk ABK adalah menjaga fokus atau konsentrasinya tetap pada guru. (3) Guru pembimbing khusus mengevaluasi pembelajaran secara berkala dan bekerjasama dengan berbagai pihak terkait. Mengevaluasi dengan orang tua wali setiap hari, setiap bulan dengan waka Kurikulum dan Kepala sekolah serta secara berkelanjutan dengan terapis. xv
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153023 LIA NOVITA SARI |
Date Deposited: | 01 Jul 2019 06:46 |
Last Modified: | 01 Jul 2019 06:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11860 |
Actions (login required)
View Item |