KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN 2 TULUNGAGUNG

FINA IZANATUL APRILIANI, 17201153244 (2019) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (223kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fina Izanatul Apriliani, NIM. 17201153244. “Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTsN 2 Tulungagung”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2019. Dosen pembimbing H. Muh. Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Kreativitas Guru, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa peserta didik sering mengalami kesulitan belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Hal ini dikarenakan guru kurang menguasai strategi pembelajaran. Sehingga berpengaruh pada menurunnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimanakan kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran pada mata pelajaran SKI di MTsN 2 Tulungagung? (2) Bagaimanakah kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar pada mata pelajaran SKI di MTsN 2 Tulungagung? (3) Bagaimanakah kreativitas guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran SKI di MTsN 2 Tulungagung? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MTsN 2 Tulungagung. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber, teknik, peneliti dan teori, perpanjangan penagmatan, peningkatan ketekunan dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian: (1) Kreativitas guru dalam menggunakan metode pembelajaran pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yakni terlebih dahulu guru memperhatikan karakteristik siswa, situasi dan kondisi. Hal ini dilakukan untuk menentukan metode yang akan digunakan agar dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Selain itu agar pembelajaran tidak membosankan bagi siswa, guru juga melakukan variasi metode pembelajaran atau mengkombinasikan metode. Diantara metode yang digunakan antara lain: a) metode ceramah, b) metode diskusi atau presentasi, c) metode tanya jawab, d) metode penugasan, d) metode driil atau latihan, dan e) metode uswatun hasanah. (2) Kreativitas guru dalam menggunakan sumber belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yakni dengan menggunakan variasi sumber belajar yang telah disediakan oleh sekolah. Selain itu, guru juga menggunakan sumber belajar tidak hanya dari lingkungan sekolahan saja tetapi juga dari luar lingkungan sekolah. Sumber belajar yang digunakan pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam seperti LKS, buku paket, perpustakaan, masjid dan internet. Dalam mengembangkan sumber belajar, guru juga menggunakan referensi buku lain sebagai penunjang belajar siswa agar wawasan pengetahuan siswa semakin luas. (3) Kreativitas guru dalam mengelola kelas yaitu terlebih dahulu guru memperhatikan kondisi siswa mulai dari kesiapan fisik maupun psikis sebelum masuk pada materi pembelajaran. Cara yang dilakukan guru dalam mengelola kelas yaitu menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan melalui gaya mengajar yang kreatif, menciptakan keaktifan dan kedisiplinan dalam pembelajaran, interaksi antara guru dengan siswa dengan baik seperti menjalin keakraban dengan siswa, dan mengamati cara kerja siswa di kelas. A

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153244 FINA IZANATUL APRILIANI
Date Deposited: 04 Jul 2019 06:42
Last Modified: 04 Jul 2019 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11866

Actions (login required)

View Item View Item