PENGARUH PEMBERIAN METODE QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

IFA HANI NURYANA, 17208153049 (2019) PENGARUH PEMBERIAN METODE QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 1 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (784kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (485kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemberian Metode Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2018/2019” yang ditulis oleh Ifa Hani Nuryana, NIM. 17208153049, pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci : metode quiz, ekosistem. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenonema bahwa hasil belajar siswa yang tergolong masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah metode pembelajaran yang diterapkan masih konvensional dan tidak mengajak siswa berpartisipasi dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan metode pembelajaran yang inovatif. Dalam hal ini peneliti menghubungkan metode pembelaran quiz dengan hasil belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Apakah ada pengaruh pemberian metode quiz terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? (2) Seberapa besar pengaruh pemberian metode quiz terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2018/2019? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian metode quiz terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2018/2019 dan seberapa besar pengaruhnya. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung sebagai dasar pengambilan kebijaksanaan dalam hal proses belajar mengajar, bagi para guru sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pemberian metode quiz terutama dalam mata pelajaran biologi. Bagi siswa sebagai semangat belajar untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai referensi dalam melakukan penelitian yang relevan serta menambah wawasan dan pengembangan ilmu pengetahuan tentang pemberian metode quiz terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung yang terdiri sembilan kelas yang berjumlah 306 siswa. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis uji-t (t-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ; (1) ada pengaruh pemberian metode quiz terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan oleh nilai thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil analisis dengan uji-t diperoleh nilai thitung yaitu 9.756 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,037, (2) besar pengaruh pemberian metode quiz terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X SMAN 1 Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2018/2019 adalah 2,366285 di dalam tabel interpretasi nilai Cohen’s 97,7% dengan Cohen’s Standard tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208153049 IFA HANI NURYANA
Date Deposited: 02 Jul 2019 01:46
Last Modified: 02 Jul 2019 01:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11867

Actions (login required)

View Item View Item