PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS NEGERI 4 TULUNGAGUNG

MUHAMAD CHOIRUL ICHSAN, 17201153350 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (655kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (812kB)
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang kurang memperhatikan dan kurang tertarik dengan pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Berdasarkan teori dan penelitian terdahulu, peneliti menemukan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berpengaruh pada hasil belajar siswa. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) merupakan salah satu model pembelajaran yang memungkinkan dikembangkannya aspek pengetahuan, sikap, nilai, dan ketrampilan sosial siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII MTs Negeri 4 Tulungagung? (2) Adakah pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII MTs Negeri 4 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII MTs Negeri 4 Tulungagung? (4) Adakah pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VIII MTs Negeri 4 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling tipe purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 4 Tulungagung, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VIII-B sebagai kelas kontrol dan VIII-C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan uji manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji-t hasil belajar kognitif diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.008. Nilai sig. (2-tailed)< 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar kognitif pada mata pelajaran fikih siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. (2) Hasil uji-t hasil belajar afektif diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Nilai sig. (2-tailed)< 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar afektif pada mata pelajaran fikih siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. (3) Hasil uji-t hasil belajar psikomotorik diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.001. Nilai sig. (2-tailed)< 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar psikomotorik pada mata pelajaran fikih siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung. (4) Hasil uji manova hasil belajar diperoleh nilai sig. sebesar 0.000. Nilai sig.< 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fikih siswa kelas VIII MTsN 4 Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan > Pendidikan Umum
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201153350 Muhamad Choirul Ichsan
Date Deposited: 04 Jul 2019 06:39
Last Modified: 08 Apr 2020 04:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11873

Actions (login required)

View Item View Item