MOCHAMAD ALI MA’SUM, 17207153029 (2019) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (292kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (324kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (962kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Trenggalek” ini ditulis oleh Mochamad Ali Ma’sum, NIM. 17207153029, Pembimbing : Dr. Khoirul Anam M.Pd.I. Kata kunci : Peran Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah keadaan bahwa kepala madrasah dalam memimpin harus sesuai dengan peran dan tugasnya untuk meningkatkan kearah yang lebih baik melalui komponen pendidikan yaitu input, proses dan output untuk mencapai mutu pendidikan. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Peran Kepala Madrasah sebagai Manajer dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Trenggalek? (2) Bagaimana Peran Kepala Madrasah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Trenggalek? (3) Bagaimana Peran Kepala Madrasah sebagai Motivator dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Trenggalek? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah Untuk Mendeskripsikan Peran Kepala Madrasah sebagai Manajer dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Trenggalek, Untuk Mendeskripsikan Peran Kepala Madrasah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Trenggalek, Untuk Mendeskripsikan Peran Kepala Madrasah sebagai Motivator dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di MAN 1 Trenggalek, trknik pengumpulan data adalah dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan diperkuat dengan dokumentasi. Pengecekan keabsahan temuan dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan sebagai : (1) manajer di MAN 1 Trenggalek adalah kepala madrasah memilki perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang, memberikan arahan yang dinamis kepada setiap staf maupun yang lainya sesuai dengan tupoksinya masing-masing, menjalin hubungan yang harmonis dengan pihak yang ada di dalam madrasah maupun dengan masyarakat, memonitoring program-program yang sudah dilaksanakan dan selalu ada evaluasi untuk menjalankan program, penanaman sikap disiplin oleh kepala sekolah terhadap siswa maupun pendidik dan tenaga kependidikan dengan cara memberikan contoh dalam kedisiplinan seperti datang tepat waktu, mematuhi pertaturan madrasah. (2) supervisor di MAN 1 Trenggalek adalah kepala madrasah melakukan kunjungan kelas (classroom visition), mengadakan pertemuan atau rapat dengan guru dan komite pada setiap minggu sekali, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, mengirim guru untuk mengikuti seminar/workshop dan mengadakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan skill. (3) motivator di MAN 1 Trenggalek adalah kepala madrasah memberikan motivasi kepada setiap guru pada saat rapat maupunsecara individual, memberikan reward/punishment terhadap guru berupa penghargaan yang bersifat membangun kearah profesionalisme guru, dan punishment yang berupa teguran dari kepala madrasah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207153029 MOCHAMAD ALI MA’SUM |
Date Deposited: | 02 Jul 2019 06:35 |
Last Modified: | 02 Jul 2019 06:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11879 |
Actions (login required)
View Item |