MIFTAHUR ROHMAN, 17201153498 (2019) PERAN ORANGTUA DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN ANAK DI DUSUN NGALIMAN DESA MASARAN KECAMATAN MUNJUNGAN KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
cover.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (613kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (932kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (515kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (712kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (527kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (293kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul "Peran Orangtua Dalam Pembelajaran Al-Qur'an Anak Di Dusun Ngaliman Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek"ini ditulis oleh Miftahur Rohman yang dibimbing oleh H. Abdulloh Chakim, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci: Peran Orangtua, Pembelajaran Al-Qur'an Salah satu kewajiban orangtua adalah mendidik anaknya agar berilmu pengetahuan dan berakhlak mulia karena orangtua merupakan pihak yang paling dekat dengan anak dan madrasah pertama bagi anak. Dalam mempelajari Al-Qur'an dibutuhkan pembinaan yang baik karena Al-Qur'an merupakan kitab suci yang diturunkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Untuk itu, orangtua berperan sangat penting terhadap pembinaan belajar Al-Qur'an anak di rumah sebagai kelanjutan pembinaan guru di sekolah, agar anak mampu memahami nilai-nilai yang ada dalam Al-Qur'an dengan baik dan mampu membaca Al-Qur'an dengan baik. Fokus penelitian ini adalah: 1)Bagaimana peran orangtua dalam pembelajaran Al-Qur'an anak di dusun Ngaliman Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek? 2)Apa faktor pendukung terlaksananya peran orangtua dalam pembelajaran Al-Qur'an anak di dusun Ngaliman desa Masaran kecamatan Munjungan kabupaten Trenggalek? 3)Apa faktor penghambat terlaksananya peran orangtua dalam pembelajaran Al-Qur'an anak di dusun Ngaliman desa Masaran kecamatan Munjungan kabupaten Trenggalek?. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran orangtua dalam pembelajaran Al-Qur'an anak dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat terlaksananya peran orangtua dalam pembelajaran Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis data deskriptif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasikan data-data yang ada untuk menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran yang dilakukan orangtua dalam pembelajaran Al-Qur’an anak di Dusun Ngaliman Desa Masaran Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek adalah dengan memberikan bimbingan belajar Al-Qur’an di rumah dan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), memberikan jadwal belajar Al-Qur’an, memberikan pengawasan terhadap anak, membiasakan anak belajar Al-Qur’an, memberikan motivasi pada anak serta pemberian hadiah dan hukuman dalam pembelajaran Al-Qur’an anak. Faktor pendukung terlaksananya peran orangtua dalam pembelajaran Al-Qur’an anak adalah tersedianya sarana dan prasarana, orangtua yang berkompetensi cukup, dan lingkungan serta pergaulan yang agamis. Sedangkan faktor penghambat terlaksananya peran orangtua dalam pembelajaran Al-Qur’an anak adalah keterbatasan pengetahuan orangtua dalam ilmu Al-Qur’an, kesibukan orangtua, lingkungan dan pergaulan non-agamis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201153498 Miftahur Rohman |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 04:41 |
Last Modified: | 08 Apr 2020 02:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11892 |
Actions (login required)
View Item |