PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN NILAI UKHUWAH ISLAMIYAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

Ahmad Nur Wahib, 17201153315 (2019) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENINGKATKAN NILAI UKHUWAH ISLAMIYAH PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH SULTAN AGUNG JABALSARI SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABTRAK.pdf

Download (364kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (204kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ahmad Nur Wahib, 17201153315, Peranan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Meningkatkan Nilai Ukhuwah Islamiyah Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. H. Nur Efendi, M.Ag Kata Kunci: Peranan Guru, Nilai Ukhuwah Islamiyah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi pada zaman sekarang ini, Kurangnya sikap ukhuwah islamiyah seperti saling mencaci, tidak saling menghargai dan lainnya cukup menjadi perhatian bagi kita untuk disikapi dan dicari jalan kerluarnya. Dari permasalahan tersebut para guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam memiliki tugas dan peran untuk meningkatkan Nilai Uhuwah Islamiyah peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung. Adapun Fokus dalam Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan nilai ukhuwah islamiyah peserta didik di MTs Sultan Agung Sumbergempol? 2) Bagimana hambatan guru PAI dalam meningkatkan nilai ukhuwah islamiyah peserta didik di MTs Sultan Agung Sumbergempol? 3) Bagaimana dampak peran guru PAI dalam meningkatkan nilai ukhuwah islamiyah peserta didik di MTs Sultan Agung Sumbergempol ?. Tujuan peneliti ini adalah : 1) Untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan nilai ukhuwah islamiyah peserta didik di MTs Sultan Agung Sumbergempol. 2) Untuk mengetahui hambatan guru PAI dalam meningkatkan nilai ukhuwah islamiyah peserta didik di MTs Sultan Agung Sumbergempol. 3) Untuk mengetahui dampak peran guru PAI dalam meningkatkan nilai ukhuwah islamiyah peserta didik di MTs Sultan Agung Sumbergempol. Untuk mencapai tujuan diatas, dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Analisis data yang meliputi data reduction (reduksi data), data display (Penyajian data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi data). Langkah terakhir metode penelitian adalah: pengecekan keabsahan data hasil penelitian. Hasil penelitian atau kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Bahwa Peran Guru PAI dalam meningkatkan nilai Ukhuwah Islamiyah peserta didik di MTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung adalah: a. Sebagai educator, guru telah mengajarkan materi nilai ukhuwah islamiyah berupa sikap saling menghargai dan menghormati, saling tolong menolong, dan menjalin silaturahmi. b. sebagai motivator, guru telah memotivasi peserta didik agar memiliki sikap ukhuwah islamiyah berupa sikap saling menghargai dan menghormati, tolong menolong, danmenjalin silaturahmi. c. Sebagai fasilitator, guru telah memfasilitasi peserta didik agar selalu memiliki sikap ukhuwah islamiyah berupa sikap saling menghargai dan menghormati, tolong menolong, menjalin silaturahmi. 2) Bahwa hambatan Guru PAI dalam meningkatkan nilai Ukhuwah Islamiyah peserta didik di MTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung adalah: a. Faktor Internal antara lain: karakter peserta didik yang berbeda dan masalah pribadi peserta didik di rumah, tingkat IQ peserta didik, latar belakang keagamaan peserta didik. b. Faktor Eksternal antara lain: latar belakang pendidikan keluarga, latar belakang sosial keluarga dan faktor lingkungan sekolah maupun rumah. 3) Bahwa Dampak peran Guru PAI dalam meningkatkan nilai Ukhuwah Islamiyah peserta didik di MTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung adalah: a. Peserta didik mulai sadar bahwa sikap saling menghargai dan menghormati, tolong menolong, dan menjalin silaturahmi itu penting dan baik bagi mereka. b. Siswa mulai memiliki sifat humanis atau jiwa toleran mengenai saling menghargai dan menghormati, tolong menolong, dan menjalin silaturahmi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 25-08-1997 17201153315 Ahmad Nur Wahib
Date Deposited: 11 Jul 2019 06:49
Last Modified: 11 Jul 2019 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11902

Actions (login required)

View Item View Item