STRATEGI GURU DALAM PENCEGAHAN DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG

ROMANTIA NURACHSAN APRILINA, 17205153146 (2019) STRATEGI GURU DALAM PENCEGAHAN DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TULUNGAGUNG KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Strategi guru dalam pencegahan dampak negatif penggunaan sosial media pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negri 1 Tulungagung kalidawir Tulungagung ” ini ditulis oleh Romantia Nurachsan Aprilina NIM.17205153146, jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI ), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negri (IAIN ) Tulungagung, dibimbing oleh Germino Wahyu Broto, M.S i. Kata Kunci : Strategi Guru, Pencegahan Dampak Negatif, Sosial Media. penelitian ini dilatar belakangi dari sebuah fenomena dimana seorang guru melakukan strategi untuk mencegah dampak negatif penggunaan sosial media khususnya facebook, whatsapp, dan instagram karena di era globalisasi saat ini banyak sekali perkembangannya, jika di usia anak-anak kurang adanya bimbingan dan pengendalian hasilnya nanti akan timbul dampak negatif. Namun, dalam pemilihan strategi guru antara sekolah satu dengan sekolah yang lain akan berbeda Untuk itu peneliti akan membahas tentang Strategi guru dalam pencegahan dampak negatif penggunaan sosial media pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negri 1 Tulungagung kalidawir Tulungagung. Fokus dalam penelitian ini adalah : (1). Bagaimana konsep guru dalam pencegahan dampak negatif penggunaan sosial media facebook, whatsapp, dan instagram pada peserta didik di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung ?(2). Bagaimana Implementasi guru dalam pencegahan dampak negatif penggunaan sosial media facebook, whatsapp, dan instagram pada peserta didik di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung ?(3). Bagaimana evaluasi guru dalam pencegahan dampak negatif penggunaan sosial media facebook, whatsapp, dan instagram pada peserta didik di tinjau dari perubahan akhlak dan prestasi peserta didik di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1). Untuk mengetahui Bagaimana konsep guru dalam pencegahan dampak negatif penggunaan sosial media facebook, whatsapp, dan instagram pada peserta didik di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung (2). Untuk mengetahui Bagaimana Implementasi guru dalam pencegahan dampak negatif penggunaan sosial media facebook, whatsapp, dan instagram pada peserta didik di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung (3). Untuk mengetahui Bagaimana evaluasi guru dalam pencegahan dampak negatif penggunaan sosial media facebook, whatsapp, dan instagram pada peserta didik di tinjau dari perubahan akhlak dan prestasi peserta didik di MIN 1 Tulungagung Kalidawir Tulungagung. Berdasarkan fokus dan tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis metode studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, dandokumentasi. Sumber data dibedakan menjadi dua yaitu: sumber manusia dan non manusia. Teknik analisa data berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Tekhnik pemeriksaan keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan/keajegan pengamatan, dan triangulasi. Adapun hasil temuan penelitian sebagai berikut: (1) Konsep guru dalam pencegahan dampak negatif penggunaan sosial media pada peserta didik adalah guru menjadi suri tauladan dan memotivasi peserta didik untuk mengurangi dan memanfaatkan penggunaan sosial media dengan baik dan benar. (2) Implementasi guru dalam pencegahan dampak negatif penggunaan sosial media pada peserta didik adalah guru melakukan himbauan kepada peserta didik dengan memberi pembiasaan untuk stop HP dan sosial media dalam waktu yang disepakati dengan wali murid di rumah dan dalam waktu tertentu guru berinovasi mengirim soal melalui sosial media agar peserta didik terbiasa memanfaatkan sosial media ke arah yang positif yaitu untuk belajar dan mengerjakan tugas dari guru. (3) evaluasi guru dalam pencegahan dampak negatif penggunaan sosial media pada peserta didik adalah melalui pengamatan dan wawancara guru mengetahui kekurangan dan kelebihan serta kemajuan dan permasalahan dari implementasi konsep dari guru dalam strategi pencegahannya dengan bantuan-bantuan dari pihak-pihak yang terkait, sekaligus unsur yang mendukung dalam strategi pencegahan dampak negatif ini adalah lingkungan sekolah, keluarga dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153146 ROMANTIA NURACHSAN APRILINA
Date Deposited: 05 Jul 2019 06:25
Last Modified: 05 Jul 2019 06:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11910

Actions (login required)

View Item View Item