PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS VI MI ROUDLOTUT THOLIBIN BANJAREJO REJOTANGAN

MAIDATUL KHUSNA, 17205153085 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PERILAKU PESERTA DIDIK KELAS VI MI ROUDLOTUT THOLIBIN BANJAREJO REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (643kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Maidatul Khusna, 17205153085, 2019 “ Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Minat Belajar dan Perilaku Peserta Didik Kelas VI MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung”, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing : Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Gadget, Minat Belajar, Perilaku. Penelitian ini dilatar belakangi oleh teknologi berkembang dengan pesat sesuai dengan zamannya. Widiawati & Sugiman mengatakan bahwa pada zaman milenial ini gadget tidak sepenuhnya digunakan oleh orang dewasa usia 18 tahun keatas, tetapi gadget juga digunakan oleh anak-anak usia 6-12 tahun. Bahkan yang lebih mirisnya lagi gadget digunakan oleh balita usia 3-5 tahun. Seperti yang kita ketahui, usia 7-11 tahun termasuk ke dalam kategori anak Sekolah Dasar (SD). Tidak ada masalah jika gadget pada saat sekarang disukai oleh anak-anak. Sebab gadget pada masa sekarang lebih menarik dari pada gadget masa dulu. Pada masa sekarang gadget telah berubah menjadi barang yang menarik dengan teknologi touchscreen. Gadget masa kini juga dilengkapi oleh aplikasi-aplikasi yang menarik perhatian. Penggunaan gadget yang terlalu lama dan berlebihan dapat berpengaruh negatif dengan hasil belajar peserta didik, contohnya hasil belajar peserta didik akan menurun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar peserta didik kelas VI MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan (2) Apakah ada pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku Siswa Kelas VI MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan (3) Apakah ada pengaruh penggunaan gadget terhadap minat dan perilaku Siswa Keas VI MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan, sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar kelas VI MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan. (2) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku peserta didik kelas VI MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan. (3) Untuk menjelaskan pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa dan perilaku peserta didik kelas VI MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan. Jenis pedekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah: pendekatan Kuantitatif, dengan jenis penelitian asosiatif. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah penggunaan gadget. Sedangkan variabel terikat yaitu ( ) Minat belajar, dan ( ) Perilaku peserta didik. Populasi penelitian ini 294 siswa dan untuk sampelnya menjadi 19 siswa dengan teknik Simple Random Sampling menggunakan Dan teknik pengumpulan data penelitian ini adalah: (1) Observasi (2) Pedoman Angket (3) Dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh Penggunaan Gadget terhadap minat belajar siswa MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,030 dan memberikan harga F sebesar 1,294. Karena Signifikansi < 0,05 maka ditolak dan diterima. Maka dapatdisimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa kelas VI MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan. 2) Ada pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perilaku peserta didik MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Hal ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,033 dan memberikan harga F sebesar 4,264. Karena signifikansi < 0,05 maka ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku peserta didik kelas VI MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan. 3) Ada pengaruh Penggunaan terhadap minat belajar dan perilaku peserta didik MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung. Hal ini ditunjukkan secara bersama-sama. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi untuk minat belajar sebesar 0,030 dan nilai signifikansi untuk perilaku peserta didik sebesar 0,033 pada tingkat signifikansi alpha (α =0,05). Maka dapat disimpulkan nilai signifikansi untuk minat belajar dan nilai signifikansi perilaku peserta didik memiliki signifikansi kurang dari (<) 0,05. Maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar dan perilaku peserta didik kelas VI MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153085 MAIDATUL KHUSNA
Date Deposited: 09 Jul 2019 03:24
Last Modified: 09 Jul 2019 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11911

Actions (login required)

View Item View Item