DEWI FITRI LUTVIANI, 17205153362 (2019) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI MI HIDAYATUL MURIDDIN TANJUNGANOM NGANJUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (177kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (241kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (147kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di MI Hidayatul Muriddin Tanjunganom Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019” di tulis oleh Dewi Fitri Lutviani , NIM17205153362, Pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd.I. Kata Kunci: Strategi guru, Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) peserta didik. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yakni peran guru. Terkait bagaimana strategi pembelajaran yang dilakukan guru dalam merancang dan mengemas sebuah pembelajaran agar menumbuh motivasi siswa sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan bermakna. Sebab pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) akan menjadi pelajaran yang mudah apabila guru dapat menumbuhkan motivasi dan menyenangkan bagi peserta didik. Maka dari itu, di MI Hidayatul Muriddin menerapkan strategi yang dapat menumbuhkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fokus penelitian dari skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Hidayatul Muriddin Tanjunganom Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana usaha guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa di MI Hidayatul Muriddin Warujayeng Tanjunganom Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi guru dalam menumbuhka motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa di MI Hidayatul Muriddin Tanjunganom Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan guru dalam menumbuhkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di MI Hidayatul Muriddin Tanjunganom Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mengetahui usaha guru dalam menumbuhkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa di MI Hidayatul Muriddin Tanjunganom Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Untuk mengetahui kendala dan solusi yang di hadapi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada siswa di MI Hidayatul Muriddin Tanjunganom Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di MI Hidayatul Muriddin Warujayeng Tanjunganom Nganjuk. Subjek penelitian yakni Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Guru kelas atau wali kelas V, dan siswa kelas V. Teknikpengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan verifikasi data. Analisis data disajikan secara tertulis dengan kata-kata yang ditemukan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Serta menarik kesimpulan secara rinci tentang pokok temuan. Teknik pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, trigulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Strategi yang dilakukan guru oleh guru MI Hidayatul Muriddin menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL). Selain itu, guru juga melakukan pendekatan pembelajaran teacher centered dan student centerd untuk menumbuhkan motivasi siswa dan keterlibatan akktif siswa dalam pembelajaran. 2) Usaha guru dalam menumbuhkan motivasi siswa dengan memotivasi keagamaan, motivasi prinsip hidup, dan motivasi kedisiplinan. Selain itu, guru menggunakan metode ceramah dan ceramah plus. Seta menggunakan media pembelajaran dari lingkungan sekolah. 3) Kendala yang dihadaipi oleh guru dalam menumbuhkan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dipengaruhi oleh faktor yang datangnya dari dalam diri siswa sendiri, orangtua, lingkungan, dan guru. Solusi yang diberikan guru MI Hidayatul Muriddin, yakni dengan memberikan motivasi dan menggunakan metode yang bervariasai.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153362 DEWI FITRI LUTVIANI |
Date Deposited: | 04 Jul 2019 04:34 |
Last Modified: | 04 Jul 2019 04:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11919 |
Actions (login required)
View Item |