PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS X MAN 3 BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

FUAD NURUL MUTOHHAROH, 17204153200 (2019) PROFIL PEMECAHAN MASALAH SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL (SPLTV) SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA KELAS X MAN 3 BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fuad Nurul Mutohharoh. 17204153200, 2019. Profil Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika Kelas X MAN 3 Blitar Tahun Ajaran 2018/2019. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematika Siswa, Sistem persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) Pada kehidupan sehari-hari tidak lepas dari suatu masalah. Masalah harus dicari jalan keluarnya. Masalah merupakan situasi yang menuntut adanya penyelesaian yang diperoleh tidak hanya dengan prosedur rutin, akan tetapi perlu penalaran yang lebih luas dan rumit. Oleh karena diperlukan pemecahan masalah untuk menyelesaikannya. Pemecahan masalah adalah salah satu tujuan dari pembelajaran matematika supaya siswa mempunyai kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsikan solusi. Disini siswa tidak hanya terampil dalam mengerjakan soal, akan tetapi dapat menggunakannya dalam memecahkan masalah dikehidupan sehari-hari Tujuan dari penulisan skripisi ini adalah 1) Mendeskripsikaan profil pemecahan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (spltv) siswa kemampuan matematika tinggi kelas X MAN 3 Blitar Tahun Ajaran 2018/2019, 2) Mendeskripsikaan profil pemecahan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (spltv) siswa kemampuan matematika sedang kelas X MAN 3 Blitar Tahun Ajaran 2018/2019 dan 3) Mendeskripsikaan profil pemecahan masalah sistem persamaan linear tiga variabel (spltv) siswa kemampuan matematika rendah kelas X MAN 3 Blitar Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 siswa yang mewakili 2 kemampuan matematika tinggi, 2 sedang dan 2 rendah. Instrumen penelitian terdiri dari nilai semester satu siswa, tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari observasi, pemberian soal pemecahan masalah, wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, pemaparan data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa berkemampuan tinggi dalam memecahkan masalah mampu memenuhi semua indikator dari polya yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali, 2) siswa berkemampuan sedang mampu memecahkan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali, Sedangkan 3) siswa berkemampuan rendah dalam memecahkan masalah hanya mampu memenuhi dua indikator yaitu siswa hanya mampu memahami masalah dan merencanakan pemecahan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204153200 FUAD NURUL MUTOHHAROH
Date Deposited: 04 Jul 2019 08:03
Last Modified: 04 Jul 2019 08:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11928

Actions (login required)

View Item View Item