STRATEGI PROMOSI PADA PERUSAHAAN KONVEKSI CV. TRI DEWA NUSANTARA TULUNGAGUNG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM

SITI MUFATIROH, 17402153002 (2019) STRATEGI PROMOSI PADA PERUSAHAAN KONVEKSI CV. TRI DEWA NUSANTARA TULUNGAGUNG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

xvi ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Promosi Pada Perusahaan Konveksi CV. Tri Dewa Nusantara Tulungagung Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Ditinjau Dari Ekonomi Islam” ini ditulis oleh Siti Mufatiroh, NIM. 17402153002 dibimbing oleh Dr. H. Mashudi, M.Pd.I. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi bahwa dalam sebuah perusahaan demi mencapai keberhasilan maka peran promosi sangatlah penting. Karena tanpa promosi, produk hasil olahan suatu perusahaan tidak akan sampai ke tangan konsumen.secara maksimal. Seperti halnya konveksi CV. Tri Dewa Nusantara yang merupakan salah satu konveksi di Kabupaten Tulungagung. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi promosi pada perusahaan konveksi CV. Tri Dewa Nusantara Tulungagung dalam menghadapi persaingan bisnis? (2) Bagaimana strategi promosi pada perusahaan konveksi CV. Tri Dewa Nusantara Tulungagung dalam menghadapi persaingan bisnis ditinjau dari Ekonomi Islam?. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Berdasarkan tingkat penjelasannya penelitian ini disebut penelitian deskriptif. Adapun jenis penelitian yang digunakan ditinjau dari sudut bidang yang diteliti adalah termasuk penelitian lapangan. Data dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data digunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan menggunakan proses berfikir deduktif. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut, untuk menarik konsumen, perusahaan konveksi CV. Tri Dewa Nusantara ini melakukan usaha promosi. Dengan promosi secara lisan dari mulut ke mulut/ word of mouth, maka perusahaan ini dapat dikenal oleh masyarakat sehingga barang hasil produksinya dapat laku terjual. Dalam bersaing mendapat konsumen yang banyak seperti yang telah didapatkan oleh perusahaan konveksi CV. Tri Dewa Nusantara ini tidaklah diperoleh begitu saja. Tentunya perusahaan ini melakukan beberapa usaha untuk memasarkan barang hasil produksinya. Sehingga barang yang diproduksi diminati oleh masyarakat. Disamping itu perusahaan ini dikenal oleh banyak masyarakat. Hingga pada akhirnya perusahaan konveksi CV. Tri Dewa Nusantara mendapatbanyak konsumen. Promosi secara lisan dari mulut ke mulut/ word of mouth diberlakukan secara efektif. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh pengusaha konveksi CV. Tri Dewa Nusantara sangat memegang teguh pinsip agama Islam dan berusaha untuk menghindari apa yang dilarang oleh agama Islam. Dan itupun juga diterapkan kepada para karyawannya. Hal penting yang dilakukan adalah: Sholat Berjamaah, Tawakkal, Rajin beribadah. Dalam melakukan penjualan barang hasil produksinya, pengusaha ini menetapkan harga yang mana harga tersebut tidak memberatkan konsumen. Dalam artian keuntungan yang didapatkan setiap penjualan satu barang tidak terlalu banyak. Akan tetapi disesuaikan dengan harga pasar. Dalam melakukan praktik bisnis CV. Tri Dewa Nusantara dalam bisnisnya mempraktikkan secara maksimal seperti apa yang telah dipraktikkan oleh Nabi Muhammad SAW yaitu Shiddiq, Amanah, Fathanah, Tabligh. Kata kunci: Strategi, Promosi, Persaingan Bisnis

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402153002 SITI MUFATIROH
Date Deposited: 15 Jul 2019 01:16
Last Modified: 15 Jul 2019 01:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11939

Actions (login required)

View Item View Item