PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH SISWA KELAS VIII DI MTS. MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019

NOVIATUN NADHIROH, 17208153048 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH SISWA KELAS VIII DI MTS. MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN AJARAN 2018/2019. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (619kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (627kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (192kB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (431kB)
[img]
Preview
Text
bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab III. pdf.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab IV.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (478kB) | Preview
[img] Text
bab VI.pdf

Download (365kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Peredaran Darah Siswa Kelas VIII di MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2018/2019” ini ditulis oleh Noviatun Nadhiroh, NIM. 17208153048, Pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S. Ag., M. Pd. Kata kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran biologi yang digunakan masih bersifat konvensional atau pembelajaran berpusat pada guru. Hal ini menimbulkan kejenuhan pada siswa saat proses pembelajaran berlangsung. Selain itu, pembelajaran teacher-centered didominasi oleh guru sehingga siswa menjadi pasif karena hanya menerima pelajaran dan menimbulkan hasil belajar siswa kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar biologi materi sistem peredaran darah siswa kelas VIII di MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2018/2019. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar biologi materi sistem peredaran darah siswa kelas VIII di MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Exsperiment). Populasi dalam penelitian ini berupa seluruh siswa kelas VIII MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar yang berjumlah 378 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VIII-H sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Sebelum instrumen soal digunakan terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas ahli dan validitas konstruk serta uji reliabilitas. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dianalisis menggunaakan uji hipotesis (t-test) yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat berupa homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII di MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Ajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara thitung¬ dan ttabel yang diperoleh dari perhitungan yaitu thitung sebesar 2,647 dan ttabel =2,00, sehingga thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan nilai sig. (2 - tailed) pada hasil belajar siswa adalah 0,010 < 0,05 hal ini menunjukan terdapat perbedaan antara nilai rata-rata post test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini didukung dengan nilai rata-rata post test kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 76,6410, sedangkan nilai rata-rata post test kelas kontrol sebesar 66,6053. Besar pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar biologi materi sistem peredaran darah siswa kelas VIII MTs. Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Taun Ajaran 2018/2019 sebesar 0,6. Berdasarkan kriteria interpretasi nilai cohen’s, nilai sebesar 0,6 memiliki prosentase sebesar 73%, nilai dan prosentase tersebut tergolong sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: skripsi 17208153048 roudotul
Date Deposited: 05 Jul 2019 06:57
Last Modified: 01 Apr 2020 05:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11944

Actions (login required)

View Item View Item