INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTsN 3 TULUNGAGUNG

ELOK SAFIRA ARIF, 17201153341 (2019) INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Internalisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah Siswa Di MTsN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Elok Safira Arif, NIM. 17201153341, pembimbing Dr. Sokip, M.Pd.I. Kata Kunci: Intenalisasi Nilai, Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kemerosotan akhlak. Permasalahan yang dihadapi dunia pendidikan saat ini adalah rendahnya moral dan mulai lunturnya akhlak mulia yang melanda generasi muda. Seperti banyaknya kasus penyimpangan sosial dalam bentuk pergaulan bebas atau yang lainnya di kalangan remaja. Berkenaan dengan masalah tersebut maka diperlukan suatu pendidikan yang tidak hanya mengajarkan nilai-nilai akhlak dengan hanya teori saja tetapi harus diterapkan dalam kehidupan nyata yaitu melalui internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah yang diterapkan di madrasah. Fokus masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Tulungagung? (2) Metode apa yang digunakan dalam internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Tulungagung? (3) Bagaimana hambatan internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui metode dalam internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui hambatan internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah siswa di MTsN 3 Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) Proses internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah melalui beberapa tahapan yaitu pertama tahap transformasi nilai dengan pemberian pengetahuan tentang nilai-nilai akhlak mulia. Kedua, tahap transaksi nilai dengan memberikan contoh nyata agar siswa dapat melaksanakan apa yang diketahui. Ketiga, tahap transinternalisasi yaitusiswa telah menunjukkan sikap maupun perilaku yang sesuai dengan akhlakul karimah melalui kegiatan yang diadakan di madrasah. Secara garis besar nilai akhlak yang diinternalisasikan berkaitan dengan beberapa hal yaitu akhlak kepada Allah SWT, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak terhadap lingkungan. (2) Metode yang digunakan meliputi metode keteladanan, metode pembiasaan, metode pemberian nasihat, dan metode hukuman. (3) Faktor penghambat dalam internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah yaitu adanya guru yang kurang perhatian terhadap pelaksanaan internalisasi nilai-nilai akhlakul karimah, kurangnya dukungan dari orangtua, latar belakang siswa berbeda-beda, dan kurangnya minat siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SPd 17201153341 Elok Safira Arif
Date Deposited: 05 Jul 2019 08:25
Last Modified: 30 Mar 2020 09:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11949

Actions (login required)

View Item View Item