UMI MARATUS SHOLIHAH, 17204153078 (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGINTEGRASIKAN NILAI ISLAM TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI MTsN 2 TULUNGAGUNG PADA MATERI HIMPUNAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (237kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dengan Mengintegrasikan Nilai Islam Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII Di MTsN 2 Tulungagung Pada Materi Himpunan” ini ditulis oleh Umi Maratus Sholihah, NIM. 17204153078, pembimbing Dr. Maryono, M. Pd. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Integrasi Islam, motivasi, hasil belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman tentang ilmu Agama di sekolah tersebut cukup tinggi dan siswa mudah memahami pelajaran Agama Islam dibandingkan dengan memahami pelajaran lainnya. Sehingga peneliti melakukan eksperimen model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan mengintegrasilan nilai Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan mengintegrasikan nilai Islam terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung pada materi himpunan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MTsN 2 Tulungagung kelas VII, sampel yang diambil adalah siswa kelas VII-E dan VII-I MTsN 2 Tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Manova, yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukan 1) ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan mengintegrasikan nilai Islam terhadap motivasi belajar dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,0484 < 0,05, maka H_o ditolak dan H_a diterima. Sehingga ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan mengintegrasikan nilai Islam terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung pada materi himpunan. 2) ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan mengintegrasikan nilai Islam terhadap hasil belajar dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H_o ditolak dan H_a diterima. Sehingga ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan mengintegrasikan nilai Islam terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di MTsN 2 Tulungagung pada materi himpunan. 3) ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) dengan mengintegrasikan nilai Islam terhadap motivasi dan hasil belajar dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05. Sehingga keputusannya H_o ditolak dan H_a diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Matematika Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 17204153078 UMI MARATUS SHOLIHAH |
Date Deposited: | 10 Jul 2019 07:17 |
Last Modified: | 10 Jul 2019 07:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/11979 |
Actions (login required)
View Item |