AYUN PURI WAHYUNI, 17201153088 (2019) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (557kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (203kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Ayun Puri Wahyuni, NIM.17201153088, 2019, “Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Rejotangan Tulungagung”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Negeri Tulungagung, Dosen Pembimbing Dr. H. Ali Rohmad. M.Ag. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Prestasi Belajar. Rumusan masalah: 1. Adakah pengaruh kepercayaan diri siswa dalam aspek keyakinan kemampuan diri terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam; 2. Adakah pengaruh kepercayaan diri siswa dalam aspek optimis terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam; 3. Adakah pengaruh kepercayaan diri siswa dalam aspek bertanggung jawab terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam; 4. Adakah pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini dengan acuan self-confidence theory belajar mengindahkan konstruksi “paradigma Islāmīy (bayānīy, burhānīy, „irfānīy)” yang terpadu saling melengkapi, kendati perlu mengadop “paradigma positivistik”, belajar mengindahkan pendekatan normativitas dan pendekatan historisitas secara beriringan lagi seirama, kendati perlu mengadop pendekatan penelitian kuantitatif, belajar mengindahkan rancangan studi kasus dengan pola penelitian pendidikan Islāmīy, pola penelitian eksploratif, pola penelitian deskriptif, pola penelitian lapangan, pola penelitian korelasional. Populasi : siswa kelas VIII di SMPN 1 Rejotangan Tulungagung yang terdiri dari 238 siswa. Dengan teknik cluster random sampling diperoleh sampel 89 siswa. Variabel bebas : kepercayaan diri siswa (X) dalam aspek keyakinan kemampuan diri (X1), optimis (X2) dan bertanggung jawab (X3). Variabel terikat : prestasi belajar pada mata pelajaran PAI (Y). Sumber data : sampel siswa selaku responden dan sebagian guru serta buku rapor siswa. Teknik pengumpulan data : angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data : uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, multikolinieritas, heterokedastisitas, regresi sederhana dan regresi berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini : 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri siswa dalam aspek keyakinan kemampuan diri terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam; 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri siswa dalam aspek optimis terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam; 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri siswa dalam aspek bertanggung jawab terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam; 4. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 1720115308 AYUN PURI WAHYUNI |
Date Deposited: | 09 Jul 2019 04:09 |
Last Modified: | 09 Jul 2019 04:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12004 |
Actions (login required)
View Item |