STRATEGI PEMBELAJARAN GURU MADIN DALAM MENINGKATKAN AKHLAK TERPUJI MELALUI PROGRAM DINIYAH SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR

ALFI ZENY NUR FITRIA, 17205153159 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU MADIN DALAM MENINGKATKAN AKHLAK TERPUJI MELALUI PROGRAM DINIYAH SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM PLOSOREJO KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (478kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR IS1.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (781kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (340kB)
[img] Text
Bab VI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (314kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul, “strategi pembelajaran guru madin dalam meningkatkan akhlak terpuji melalui program diniyah siswa di madrasah ibtidaiyah miftahul ulum plosorejo kademangan blitar”, ini ditulis oleh Alfi Zeny Nur Fitria, NIM 17205153159, pembimbing Drs. H. Jani, M.M.,M.Pd. Kata kunci: starategi pembelajaran, guru madin, akhlak terpuji. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pokok yang mengancam generasi kita yakni mulai kaburnya nilai-nilai moral di mata generasi muda. Berbagai macam kekacauan yang terjadi pada saat ini merupakan penyebab kegetiran yang dirasakan manusia secara individu maupun masyarakat.. Dan apabila kehidupan moral agama mulai memudar dalam masyarakat dan terus dibiarkan saja menjalar maka tentu akan mempengaruhi generasi muda kita selanjutnya.. Dari sinilah madrasah memiliki peranan dalam pembinaan akhlak yang berfungsi untuk menanamkan nilai pendidikan agama kepada anak-anak. Adapun pokok bahasan penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana pendekatan Pembelajaran Guru Madin Dalam Meningkatkan Akhlak Terpuji Melalui Program Diniyah Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar, (2) Bagaimana Langkah Langkah Pembelajaran Guru Madin Dalam Meningkatkan Akhlak Terpuji Melalui Program Diniyah Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar?, (3) Apa Hal-hal yang Menghambat Beserta Solusi Dalam Meningkatkan Akhlak Terpuji Melalui Program Diniyah Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Plosorejo Kademangan Blitar? Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui pendekatan guru madin dalam meningkatkan akhlak terpuji melalui program diniyah siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo , (2) Untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran guru madin dalam meningkatkan akhlak terpuji siswa melalui program Diniyah siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo , (3) Untuk mengetahui hambatan serta solusi dalam meningkatkan akhlak terpuji melalui program diniyah siswa MI Miftahul Ulum Plosorejo. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obseravsi, wawancara, dan dokumentasi. Obsevasi dilakukan secara langsung untuk mengamati sikap dan perilaku siswa. Wawancara untuk memperoleh informasi yang lebih mendalam. Dokumentasi digunakan untuk mencari gambaran umum dari madrasah ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pendekatan yang dipilih guru madin adalah teacher center kemudian mengambil metode diantara metode yang dipakai guru madin adalah metode ceramah yang meliputi memberi pelajaran atau nasihat, mengarahkan memilih teman yang baik, melalui kisah Qurani dan Nabawi, memberi pahala dan sanksi. Sedangkan metode demonstrasi meliputi membiasakan akhlak yang baik, memberi keteladanan yang baik, ; (2) diantara langkah-langkah pembelajaran guru madin dalam meningkatkan akhlak terpuji yaitu:tahap persiapan, tahap penyajian, tahap korelasi, tahap menyimpulkan, dan tahap mengaplikasikan; (3) diantara faktor penghambat beserta solusi antara lain kemampuan otak siswa solusinya dengan mengadakan pembelajaran secara bersama-sama, karakter siswa yang beraneka ragam solusinya memahami setiap karakter siswa, minimnya kesadaran siswa mengenaipendidikan keagamaan solusinya diberikan pemahaman secara menyeluruh , kurangnya persiapan guru, masih monotonnya metode, dan kurangnya fasilitas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205153159 ALFI ZENY NUR FITRIA
Date Deposited: 09 Jul 2019 03:46
Last Modified: 09 Jul 2019 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12005

Actions (login required)

View Item View Item