Penerapan Model Pembelajaran Konstektual Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar

Nita Agustina Nur Laila Eka Erfiana, Nita Agustina Nur Laila Eka Erfiana (2011) Penerapan Model Pembelajaran Konstektual Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA MI Assyafi’iyah Pikatan Wonodadi Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I - BAB V.docx

Download (199kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.doc

Download (36kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING (Autosaved).docx

Download (34kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran, Berbasis Masalah, IPA, Prestasi Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah biasanya kita temui siswa-siswi pada sekolah tersebut mengalami kesulitan belajar, terlebih pada mata pelajaran IPA, untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan hanya itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Yang bisa membuahkan hasil belajar yang langgeng hanyalah kegiatan metode pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis masalah. Salah satu ciri dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) adalah Pendekatan Kontekstual, yang berlandaskan pada salah satu prinsip Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), yaitu learning by doing yang artinya bahwa dalam proses pembelajaran hendaknya menciptakan kesempatan siswa untuk mengalami secara nyata yang dipelajari terkait dengan kehidupan dan dunia nyata. Pendekatan kontekstual adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada siswa dan apa yang akan dikerjakan oleh siswa. Hal ini karena kecenderungan dewasa ini untuk kembali kepada pemikiran bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan alamiah. Belajar akan lebih bermakna jika anak “mengalami” apa yang dipelajarinya bukan “mengetahuinya”. Fokus Penelitian : Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Konstektual Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V MI Assyafi’iyah Pada Mata Pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2010/2011? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah: Mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA setelah diterapkannya metode Pembelajaran Konstektual Berbasis Masalah Siswa Kelas V MI Assyafi’iyah Pada Mata Pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi ini bermanfaat bagi MI Assyafi’iyah: dapat digunakan sebagai Kontribusi dan strategi dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar antara guru sebagai pengajar dan siswa sebagai pelajar, serta dapat dijadikan sebagai alat untuk memacu prestasi belajar siswa yang dilakukan oleh guru dan lembaga pendidikan yang bersangkutan, Bagi Tenaga Pendidik: Hasil penelitian ini bagi para pendidik dapat digunakan sebagai bahan instrospeksi diri sebagai individu yang mempunyai kewajiban mencerdaskan peserta didik agar memiliki kepedulian dalam memaksimalkan prestasi belajar, Bagi Siswa: Hasil penelitian ini bagi siswa dapat digunakan untuk memacu semangat dalam melakukan kreatifitas belajar agar memiliki kemampuan yang maksimal sebagai bekal pengetahuan dimasa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, dan refleksi, Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V pada Mata Pelajaran IPA, data yang diperoleh berupa hasil Wawancara,Pree test,Post Test lembar observasi dan kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (55%), siklus II (72,5%), siklus III (80,45%). Setelah penulis mengadakan penelitian dengan model pembelajaran diatas Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis masalah dalam kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Assyafi’iyah Pikatan .

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 10 Feb 2015 08:05
Last Modified: 10 Feb 2015 08:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item