BETA LARASATI, 17208153070 (2019) PENGARUH METODE GUIDED DISCOVERY TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN KELAS VIII MTs PSM JELI KARANGREJO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (227kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (268kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (721kB) |
||
Text
BAB III.pdf Download (436kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (629kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Guided Discovery Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernafasan Kelas VIII MTs Pesantren Sabilil Muttaqin Jeli Karangrejo” ini ditulis oleh Beta Larasati, NIM. 17208153070 dibimbing oleh Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd Kata kunci: Guided Discovery, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya hasil belajar yang kurang, karena siswa secara mandiri masih belum bisa mengembangkan gaya belajarnya sendiri dan rasa ingin tahu yang kurang dalam pembelajaran menunjukkan masih rendahnya sikap ilmiah dalam diri siswa. Siswa sebenarnya sudah aktif dalam proses pembelajaran di kelas, hanya saja keaktifan siswa ini hanya beberapa saja. Sikap berpikir kritis dan rasa keingintahuan siswa umumnya masih sangat kurang dan sikap ketergantungan siswa dengan guru juga masih besar. Sehingga peneliti melakukan eksperimen pembelajaran dengan menggunakan metode guided discovery. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Adakah pengaruh metode guided discovery terhadap sikap ilmiah?, (2) Adakah pengaruh metode guided discovery terhadap hasil belajar?, (3) Adakah pengaruh metode guided discovery terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa di MTs Pesantren Sabilil Muttaqin Jeli Karangrejo?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan pengaruh metode guided discovery terhadap sikap ilmiah, (2) Untuk menjelaskan pengaruh metode guided discovery terhadap hasil belajar, (3) Untuk menjelaskan pengaruh metode guided discovery terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa di MTs Pesantren Sabilil Muttaqin Jeli Karangrejo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling, atau sampling jenuh. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Pesantren Sabilil Muttaqin Jeli Karangrejo, sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VIII-A dan VIII-B MTs Pesantren Sabilil Muttaqin Jeli Karangrejo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Sample T-Test (T Test) dan Multivariate Analisist Of Variance (MANOVA) dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS of windows versi 16.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil uji t sikap ilmiah diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig.< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh metode guided discovery terhadap sikap ilmiah siswa MTs Pesantren Sabilil Muttaqin Jeli Karangrejo, (2) Hasil uji t hasil belajar diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. Nilai Sig. < 0,05 maka ditolak Ho dan Haditerima, artinya ada pengaruh metode guided discovery terhadap hasil belajar siswa kelas VIII materi Sistem Pernafasan Manusia, (3) Hasil uji manova observasi sikap ilmiah dan post test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000. 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh metode guided discovery terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa di MTs Pesantren Sabilil Muttaqin Jeli Karangrejo.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 17208153070 BETA LARASATI |
Date Deposited: | 12 Jul 2019 02:33 |
Last Modified: | 12 Jul 2019 02:33 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12024 |
Actions (login required)
View Item |