M. ABDUL WAHAB, 17205153338 (2019) PENERAPAN METODE KARYAWISATA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK PADA KELAS 2 MI HIDAYATUL MUBTADI’IN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (947kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (489kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (597kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (486kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (297kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran tematik pada kelas 2 MI Hidayatul mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh M. Abdul Wahab, NIM. 17205153338, pembimbing Drs. H. Timbul, M.Pd.I Kata kunci : penerapan metode karyawisata Penelitian ini dilatar belakangi oleh sangat perlunya keberhasilan dalam pembelajaran, materi-materi yang terdapat dalam mata pelajaran haruslah dapat tersalurkan dan diserap dengan baik kepada peserta didik, metode yang digunakan oleh guru harus efektif dalam menyampaikan isi materi kepada anak-anak. Metode sangat menentukan keberhasilan ketika pembelajaran, karena metode harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah metode karyawisata karena metode karyawisata termasuk metode yang komplek. Ketika guru menggunakan metode karyawisata siswa akan langsung belajar banyak didalamnya tidak hanya kognitifnya tetapi juga afektif dan psikomotorik. Melaksanakan metode karyawisata yang baik dan benar sangatlah penting untuk tercapainya tujuan yang diinginkan oleh guru. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana perencanaan metode karyawisata dalam pembelajaran tematik tema 8 keselamata di rumah dan diperjalanan? (2) Bagaimana proses penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran tematik tema 8 keselmatan di rumah dan di perjalanan? (3) Bagaimana kendala dan solusi ketika penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran tematik tema 8 keselamatan di rumah dan di perjalanan? Tujuan penulisan skripsi ini adalah : (1) Untuk mengetahui bagaimana perencanaan metode karyawisata dalam pembelajaran tematik tema 8 keselamata di rumah dan diperjalanan? (2) untuk mengetahui bagaimana proses penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran tematik tema 8 keselmatan di rumah dan di perjalanan? (3) unutk mengetahui bagaimana kendala dan solusi ketika penerapan metode karyawisata dalam pembelajaran tematik tema 8 keselamatan di rumah dan di perjalanan? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini bertempat di MI Hidayatul Mubtadi’in wates sumbergempol tulungagung. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancar mendalam, observasi, dan dokumentasi pada guru kelas kelas 2, siswa, dan kepala sekolah. teknik analisis data terdiri atas sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dan pembahasan penelitian yaitu : (1) proses penerapan metode karyawisata harus disiapkan jauh-jauh hari, dengan di rencanakan dengan matang, mengurus perizinan kepada kepala sekolah, wali murid, dan tempat objek karyawisata. (2) proses penerapan metode karyawisata berjalan dengan lancar walau masih ada beberapa siswa yang masih malu-malu bertanya. (3) kendala yang dihadapi sulitnya mengatur peserta didik, peserta didik masih malu bertanya, dan memerlukan biaya yang mahal. Solusi memberikan contoh dan pengarahan kepada peserta didik, mempersiapkan mental peserta didik, dan lebih mematangkan anggaran dana.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205153338 M. ABDUL WAHAB |
Date Deposited: | 11 Jul 2019 04:28 |
Last Modified: | 11 Jul 2019 04:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/12030 |
Actions (login required)
View Item |